Wisata Kota di Taman Narmada Lombok Yang Unik

Wisata Lombok

Bantu kami Share keindahan Lombok, agar kembali ramai dikunjungi wisatawan…

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Wisata Kota di Taman Narmada Lombok adalah bentuk miniatur dari Gunung Rinjani yang dibangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem untuk berdoa.

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok dibangun pada tahun 1727 Masehi. Sang Raja sudah tak kuat mendaki gunung rinjani, oleh karena itu membangun replika gunung rinjani dan danau segara anak yang digunakan untuk berdoa kala itu. Nama taman narmada sendiri diambil dari nama sungai suci di India, Narmanadi, yang berarti mata air atau sumber kehidupan.

Sejarah Singkat Wisata Kota di Taman Narmada Lombok

Pura Narmada Lombok

Taman indah ini dibangun di kecamatan Narmada oleh raja Mataram Lombok, Anak Agung Ngurah Karangasem. Tempat ini berfungsi sebagai tempat upacara Pekelan yaitu ritual pengorbanan.

Upacaranya berlangsung setiap purnama kelima tahun saka (Oktober-November). Selain sebagai tempat upacara, taman narmada digunakan untuk tempat peristirahatan keluarga raja pada musim kemarau.

Juga taman ini dijadikan sebagai sebagai tempat pemandian sang raja. Jika kita lihat sekilas, wisata kota di taman narmada Lombok mirip dengan taman yang berada di daerah Karangasem, Bali.

Konsep Taman Narmada Lombok

Tema alam yang eksotik dan ditata menyerupai bentuk gunung adalah konsep dari wisata kota di taman narmada Lombok. Tiga kolam yang terletak di bagian bawah diairi oleh sumber mata air jernih yang bagaikan sebuah danau.

Tiga kolam tersebut sama dengan jumlah danau segara anak di puncak gunung rinjani. Ketika kita memasuki taman, kita akan melihat adanya Pura Kalasa yang berada di bagian atas.

Kita harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat sebagai gambaran menaiki gunung rinjani untuk sampai di pura kalasa. Rasa lelah kita seketika sirna dengan melihat suasana alam yang menyejukkan, kolam renang alami berair jernih, dan pepohonan yang rimbun.

Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Pura Kalasa mengadakan acara pujawali setiap setahun sekali, yaitu upacara bagi umat Hindu melakukan persembahan hasil bumi sebagai wujud syukur kepada Tuhan. Selain pura kalasa, kita juga akan melihat Bale Agung, yang terletak di depan pintu masuk taman, yang digunakan untuk tempat pertemuan atau rapat sang raja. Ada juga bale Loji sebagai tempat penyimpanan persenjataan yang digunakan oleh para prajurit kerajaan. Kita juga akan menemukan Grai souvenir di sebelah selatan yang menjual pernak-pernik khas Lombok untuk para wisatawan.

Artikel Favorit >  Wisata Gili Nanggu Yang Privat Dan Berkesan Untuk Bulan Madu

Mata Air Pembuat Awet Muda di Taman Narmada Lombok

Keunikan dan juga salah satu daya tarik dari Taman Narmada Lombok adalah memiliki mata air dari gunung rinjani yang diyakini bisa membuat awet muda jika diminum langsung atau dibasuhkan ke seluruh wajah. Percaya atau tidak mari kita buktikan setibanya di taman narmada. Jelasnya, air ini membuat kita merasa segar sedingin air kulkas saat menyentuhnya. Bagi perempuan yang sedang datang bulan, dilarang memasuki kawasan mata air karena diyakini sebagai tempat yang suci.

Pura Narmada Lombok

Selain mata airnya, keberadaan permainan flying fox di taman narmada juga menarik perhatian. Kita akan melintasi air kolam taman narmada dan keseluruhan areal taman menjadi terlihat jelas dan indah. Wisata sampan menjadi alternatif lain menikmati taman yang juga menyenangkan. Beragam aktivitas yang tersedia membuat liburan kita menyenangkan. Jangan lupa juga kita harus mencoba sate bulayak sebagai makanan khas Lombok yang ada di taman narmada.

Pesona Taman Narmada Lombok

Hingga saat ini, wisata kota taman narmada Lombok menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara, terutama padat di akhir pekan. Selain keindahan tamannya, kita juga berkesempatan untuk berwisata sejarah di taman ini. Udara yang sejuk dan segar langsung menyapa kita setibanya di taman narmada.

Wisata kota di Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok

Sebagai salah satu lokasi wisata yang terkenal dan juga bersejarah, Lombok Tour Plus mengajak anda untuk melihat langsung wisata kota di Taman Narmada Lombok.

Bagi anda yang tidak tahu rute, Lombok Tour Plus akan bersedia menemani acara liburan anda di Lombok termasuk di taman narmada secara ramah, menyenangkan, dan professional.

Artikel Favorit >  Pesona Pulau Lombok Dari Setiap Penjuru Yang Harus Diketahui

Anda tak perlu khawatir dengan berbagai akomodasi yang dibutuhkan karena kami sudah menyediakan lengkap untuk anda. Liburan anda menjadi mudah dan praktis selama wisata di Lombok.

Share Yuk, Biar Lebih Banyak Yang Tahu :)

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on print

Paket Wisata di Lombok Favorite, Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Lombok

Artikel Lombok Menarik Lainnya :)

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)