Wisata Gili Nanggu Lombok nan Eksotis dan Tenang

Wisata Gili Nanggu Lombok nan Eksotis dan Tenang

Pulau Lombok terdiri dari banyak gili yang mengelilinginya yang siap memikat hati siapa saja yang datang berkunjung. Salah satu destinasi gili di Pulau Lombok yang sangat menawan dan masih masuk dalam kategori “perawan” adalah wisata Gili Nanggu Lombok. Gili yang satu ini memang tak sepopuler destinasi wisata lainnya di Lombok, seperti Gili Trawangan, Pantai Kuta, atau Pantai Tanjung Aan. Namun, pesonanya jelas tak perlu diragukan lagi.

Gili Nanggu merupakan sebuah pulau kecil yang secara administratif terletak di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Luas total dari gili ini hanya sekitar 12,5 hektar dan untuk mengitari seluruh bagian gili ini hanya dibutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Meski terletak di Lombok Barat, yang notabene terdapat banyak destinasi wisata, namun ternyata Gili Nanggu masih jarang diketahui banyak wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Terletak begitu jauh dari Gili Trawangan, membuat Gili Nanggu memiliki karakteristik yang tak sama dengan Trawangan. Jika di Gili Trawangan Anda bisa menikmati suasana berpesta sepanjang malam dan cukup ramai pengunjung, Anda tidak akan melihat hal ini terjadi di Gili Nanggu. Karenanya, Gili Nanggu sangat cocok bagi Anda yang ingin berbulan madu atau yang ingin berwisata dengan tenang dan jauh dari hingar-bingar keramaian.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Wisata Gili Nanggu Lombok

Wisata Gili Nanggu Lombok
gili nanggu Lombok

Meski termasuk gili yang masih sepi pengunjung, Gili Nanggu memiliki fasilitas yang cukup lengkap untuk mendukung aktivitas liburan para pengunjung di gili ini. Banyak hal seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Pertama, jika Anda ingin berlibur lebih lama di gili nan eksotis ini, Anda bisa menyewa penginapan di sekitar pantai. Ada beberapa penginapan dengan kamar unik khas Lombok yang bisa Anda sewa. Penginapan yang ditawarkan sejenis bungalow atau cottages. Anda bisa bebas memilih kamar mana yang ingin Anda tempati sesuai dengan view yang Anda inginkan selama ruangan masih tersedia.

Kedua, Anda yang hobi snorkeling bisa menikmatinya di pulau ini. Pasalnya, keindahan dan keberagaman biota laut Gili Nanggu sangat luar biasa indah. Apalagi, perairan di tempat ini masih tegolong jernih dan terjaga, sehingga kehidupan bawah lautnya masih bisa Anda nikmati, bahkan dengan mata telanjang di beberapa titik. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa atau memiliki alat snorkeling sebab banyak yang menyewakannya di sekitar gili. Jika tidak ingin melakukan aktivitas snorkeling, Anda bisa duduk di bibir pantai dengan melemparkan beberapa remah roti yang dihancurkan, lihat apa yang terjadi, kawanan ikan akan senantiasa menghampiri Anda.

Terdapat dua titik lokasi snorkeling terbaik di Gili Nanggu, yaitu di bagian selatan dan timur gili. Di titik-tiitk ini terdapat beraneka ragam jenis ikan. Mulai dari ragam warna, jenis, serta ukurannya. Tak hanya itu, terumbu karang di titik ini siap menyambut kedatangan Anda selama bermain-main di taman bawah lautnya. Ketiga, Anda bisa menikmati wahana watersport yang diseiakan oleh pihak penginapan atau warga sekitar. Anda bisa memilih wahana watersport yang Anda inginkan dan tidak perlu menunggu antrian yang panjang.

Keempat, Anda bisa mengunjungi penangkarang Penyu, bahkan jika beruntung Anda bisa melihat penyu-penyu yang sudah cukup besar umurnya di lepas ke alam bebas. Memang sejak tahun 1955, Gili Nanggu ditetapkan sebagai tempat konservasi alam bagi hewan jenis Penyu. Di tempat ini Anda juga bisa melihat Penyu-penyu diberi makan dan dirawat dengan apik.

Akomodasi ke Destinasi Wisata Gili Nanggu Lombok

Wisata Gili Nanggu
Wisata Gili Nanggu Lombok

Terdapat dua pilihan untuk mengunjungi pulau ini. Jika Anda menggunakan jalur darat, Anda dapat menuju Sekotong sekitar 40 menit perjalanan menuju pelabuhan Lembar yang akan mengantarkan Anda langsung ke Gili Nanggu. Sedangkan, jika Anda menggunakan jalur udara, Anda kini bisa langsung turun di Bandara Internasional Lombok yang terletak di Lombok Tengah.

Dari sana, Anda bisa langsung menyewa mobil atau menaiki damri menuju Pelabuhan Lembar. Setelah itu Anda dapat langsung menyebrang ke gili tujuan. Selain dari Pelabuhan Lembar, sebenarnya Anda bisa menyebrang melalui Pelabuhan Tawun. Namun, Pelabuhan Tawun bukanlah pelabuhan yang diperuntukkan bagi wisatawan umum.

Sekian info mengenai wisata Gili Nanggu Lombok yang menawarkan ketenangan seperti pulau milik Anda sendiri. Jadi tunggu apalagi ayo berwisata ke pulau Lombok.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)