Uniknya Suasana dan Sejarah Taman Narmada Lombok

Uniknya Suasana dan Sejarah Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok merupakan salah satu taman terkenal di Lombok. Taman ini merupakan replika dari puncak gunung Rinjani yang sengaja dibuat untuk memenuhi permintaan raja. Taman ini cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu berlibur dengan keluarga dan juga menambah ilmu serta memperkenalkan sejarah kepada anak-anak Anda.

Sejarah Nama Taman Narmada Lombok

Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Taman Narmada Lombok adalah salah satu taman yang terkenal di Lombok. Konsep dari taman Narmada adalah replika dari gunung Rinjani dan Segara Anak yang terletak di puncak Gunung Rinjani. Di dalam Taman Narmada terdapat sebuah pura Narmada yaitu Pura Kalasan yang berada di bagian puncak taman. Untuk menuju Pura Kalasan, pengunjung harus melalui anak tangga yang cukup jauh. Terdapat pula tiga kolam di bawahnya yang dirancang mirip dengan Danau Segara Anak. Terdapat sebuah balai bernama Balai Agung dimana dahulu para raja berkumpul dan bermusyawarah di balai tersebut.

Kini, Balai Agung dijadikan sebagai tempat beristirahat bagi para pengunjung yang telah lelah mendaki anak tangga yang cukup jauh dan tinggi. Dahulu, dibangunnya Taman Narmada ini bertujuan untuk tempat ritual Pekelem. Sebenarnya ritual tersebut seharusnya dilaksanakan di Gunung Rinjani. Namun, usia raja yang semakin menua tidak sanggup lagi untuk mendaki Gunung Rinjani. Maka dibangun sebuah taman sebagai replika dari Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak.

Nama Narmada memiliki sejarah yang unik. Disebutkan bahwa Narmada merupakan nama yang diambil dari bahasa India. Ada yang menyebutkan mengambil nama dari sebuah sungai yang suci di India yaitu Sungai Narmanadi. Adapun yang menyebutkan bahwa nama Narmada diambil dari sebuah sungai di India yaitu sungai Gangga yang berarti sumber air atau mata air.

Sumber Mata Air Taman Narmada Lombok

mata air di taman Narmada Lombok
Taman Narmada Lombok

Lokasi wisata yang satu ini memiliki pemandangan yang hijau dan asri. Terdapat kolam renang di bagian atas taman. Air kolam tersebut konon merupakan mata air yang langsung dialirkan dari Gunung Rinjani. Banyak yang percaya air tersebut dapat menjadikan awet muda. Pengunjung yang percaya akan hal tersebut menggunakan air di kolam untuk mencuci muka, berendam dan ada pula yang meminumnya. Taman Narmada Lombok ini memang begitu lengkap. Pengunjung dapat berekreasi hanya dengan menikmati pemandangan alamnya saja atau bisa bermain air dan berendam di sana. dahulu kolam ini merupakan kolam pemandian bagi raja-raja. Saat ini telah beralih menjadi sebuah kolam renang dengan mata air yang jernih dan menyejukkan.

Taman Narmada Lombok ini memiliki beberapa bagian antara lain bagian gerbang utama, telaga kembar, jabalkap, gapura gelang, mukedes, balai loji, telaga padmawangi, balai terang, bangunan sekepat, patandaan, balai bancingah, pura Lingsar dan Pura Kalasa. Jabalkap adalah halaman paling depan taman Narmada dan terdapat kolam kembar dimana kolam tersebut dikelilingi pohon manggis. Bagian mukedas terletak sebelum pintu masuk Taman Narmada. Di bagian ini terdapat dua balai yaitu balai loji yang dahulu dipergunakan sebagai tempat istirahat raja dan balai terang sebagai tempat penyimpanan seperti senjata.

Bila Anda ingin memasuki pura yang terdapat di taman Narmada, Anda harus memiliki ijin dari Pamangku atau penjaga pura tersebut. Di dekat pura Kalasan ini terdapat sebuah balai bernama Bale Gong. Di Bale Gong, Anda dapat menikmati pemandangan indah taman Narmada. Di dalam Bale Gong terdapat sebuah telaga sebagai tempat rekreasi seperti menaiki sepeda air. Taman Narmada ini sudah mengalami beberapa pemugaran di beberapa bagian. Tujuan pemugaran ini untuk memperbaiki dan menambah fasilitas dari Taman Narmada Lombok. Fasilitas-fasilitas yang telah ditambahkan dari fasilitas sebelumnya antara lain kolam, mata air asli dari Gunung Rinjani dan penambahan taman. Ada beberapa tips ketika Anda berkunjung ke Taman Narmada Lombok yaitu:

  1. Berpakaian yang sopan serta memakai selendang yang telah di sediakan oleh petugas di pintu masuk.
  2. Wanita yang tengah berhalangan sebaiknya tidak memasuki area pura untuk menghormati peraturan yang ada.
  3. Menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman.
  4. Bila berkunjung bersama anak-anak diharapkan untuk mengawasinya terutama di daerah kolam karena cukup dalam.

Nah, itu dia keunikan dari TamanĀ Narmada Lombok. Jadi tunggu apa lagi? ayo buruan berlibur ke lombok dan rasakan sensasi uniknya objek wisata yang ada di pulau Lombok.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)