Tips Mengunjungi Wisata Air Terjun di Pulau Lombok

Mencari tahu tips dan trik agar liburan dapat berjalan dengan lancar tanpa banyak masalah menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi jika kita belum pernah mengunjungi tempat wisata tersebut. Hal ini karena kita belum mengenal medan sehingga tidak tahu persiapan apa yang sebaiknya kita bawa.

Mencari tahu banyak hal yang berkaitan dengan tempat wisata dan mempersiapkan berbagai hal dengan matang dapat menjadi salah satu cara agar liburan kita lebih menyenangkan. Agar kita tidak membawa terlalu banyak barang yang nantinya justru tidak berguna, lebih baik kita sesuaikan dengan tempat apa saja yang nantinya akan dikunjungi.

Wisata air terjun di pulau Lombok dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik. Ada 2 air terjun indah di utara Rinjani yang dapat Anda kunjungi, yaitu air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep.

Tips dan Trik Wisata air terjun di pulau Lombok

Wisata air terjun di pulau Lombok
wisata air terjun sendang gile

Jika Anda ingin mengunjungi kedua air terjun di atas, Anda tentunya harus tahu bagaimana medan yang ada di sana dan persiapan apa saja yang perlu dilakukan. Nah, berikut adalah tips yang dapat dilakukan untuk mengunjungi air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

  1. Pakaian

Tips pertama ada pada pakaian. Jika Anda ingin mengunjungi air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, pastikan Anda menggunakan pakaian yang nyaman.

Pakai kaus dan celana yang nyaman dan menyerap keringat akan sangat membantu. Mengapa? Karena untuk menjangkau air terjun tersebut, kita harus melakukan trekking dengan waktu tempuh 15 sampai dengan 60 menit. Hal ini tentunya akan menyulitkan jika Anda menggunakan pakaian yang tidak nyaman.

  1. Alas kaki

Tips yang kedua ada pada alas kaki. Selain pakaian yang nyaman, alas kaki yang nyaman juga sangat diperlukan. Mengapa? Hal ini karena medan trekking yang kita tempuh berupa jalan setapak yang membelah hutan.

Artikel Favorit >  Kunjungilah Pantai Pink Lombok Salah Satu Pantai Unik di Indonesia

Jalan setapak tersebut kemungkinan licin mengingat kita berada di hutan tropis yang lembab dan teduh. Gunakan alas kaki anti selip seperti sandal gunung, sepatu ked, atau sepatu gunung. Hal ini membuat Anda dapat menyusuri rute trekking dengan nyaman.

  1. Air mineral

Walaupun ada penjual makanan dan minuman di area air terjun, namun, ada baiknya jika Anda membawa sendiri air dari rumah. Hal ini karena saat perjalanan, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin minum bukan?

  1. Plastik sampah

Tips yang keempat adalah membawa plastik sampah. Plastik ini digunakan untuk mengumpulkan sampah yang kita sebabkan dan membuangnya saat menemukan tempat sampah. Jangan mencemari lingkungan, apalagi wisata alam seperti ini sudah sangat sulit ditemukan. Melestarikannya adalah kewajiban setiap orang.

  1. Jas hujan/jaket anti air

Jika Anda datang pada musim penghujan, jangan lupa bawa jas anti air atau jas hujan.

  1. Pakaian renang

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi air terjun tanpa berenang. Memang tidak ada larangan berenang di sini, namun, hanya disarankan bagi mereka yang bisa berenang.

Lokasi Wisata air terjun di pulau Lombok

wisata air terjun tiu kelep lombok
wisata air terjun tiu kelep lombok

Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di desa Senaru. Desa ini masuk dalam kawasan Kabupaten Lombok Utara. Bagi Anda yang berangkat dari kota Mataram, Anda bisa berkendara dengan mobil atau sepeda motor pribadi dan sewa mengingat kendaraan umum yang kurang fleksibel.

Untuk Anda ketahui, air terjun ini hanya dapat Anda kunjungi saat pukul 10 pagi hingga pukul 3 sore. Oleh karenanya, Anda harus memberikan spare waktu yang cukup agar Anda dapat mengunjungi ke dua air terjun tersebut tepat waktu.

Bagaimana? Siap untuk melakukan liburan ke 2 air terjun paling keren di Lombok ini? Bagi Anda yang ingin mengunjunginya, jangan lupakan tips di atas ya!

Artikel Favorit >  Wisata Pantai Pink Lombok Yang Eksotis dan Unik Banget Loh

Walaupun persiapan bukan segalanya, namun, tidak ada salahnya melakukan persiapan matang sebelum berwisata sehingga Anda bisa menikmati waktu liburan Anda dengan lancar tanpa terjadi masalah atau gangguan yang berarti. Jangan lupa selalu jaga kebersihan lingkungan agar keindahan alam yang kita nikmati ini dapat bertahan lama.

Sekian informasi mengenai objek wisata air terjun di pulau Lombok yang sangat populer. Jadi tunggu apalagi? ayo buruan berwisata ke Lombok dan rasakan kearifan dari pulau seribu masjid ini.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)