11 Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara Yang Harus Anda Kunjungi

Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara Menjadi tujuan wisata yang banyak diicar oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dalam artikel ini kita membahas 11 Tempat wisata di Lombok yang dekat dengan bandara, yang bisa Anda kunjungi saat wisata ke Lombok.

Setelah lima hari dalam seminggu berkutat dengan pekerjaan, macetnya jalan-jalan di Indonesia, dan lelahnya dikejar deadline, Anda memang perlu sejenak menyegarkan jiwa dan raga dengan berlibur.

Wisata Bukit Merese
Berlibur di Lombok

Sayangnya, bagi sebagian besar orang tidak memiliki waktu yang panjang untuk bisa menikmati liburan di tengah setumpuk pekerjaan. Kebanyakan wisatawan hanya memiliki waktu libur sekitar 1 – 2 hari saja sebelum akhirnya kembali lagi bekerja.

Jika Anda adalah salah satu dari yang memiliki waktu liburan singkat, namun ingin menikmati tempat wisata yang menarik, datanglah ke Pulau Lombok. Selain masih berada di Indonesia, Pulau Lombok memang memiliki keindahan yang sudah diakui oleh banyak wisatawan. Di mulai dari tempat wisata lombok dekat bandara bagian Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lainnya.

Mulai dari wisatawan lokal hingga wisatawan mancanegara banyak yang memuji keindahan Pulau Seribu Masjid ini. Tak heran, jika setiap tahunnya wisatawan di Lombok terus meningkat dan semakin banyak orang yang ingin menjelajah Lombok.

Sebenarnya, waktu ideal untuk menjelajahi seisi Lombok sekitar satu minggu. Namun, apabila Anda tidak punya waktu sebanyak itu untuk berlibur, gunakan strategi tepat agar waktu Anda tidak terbuang sia-sia di perjalanan.

Percaya atau tidak, sebetulnya dalam satu hari saja Anda bisa mengunjungi lebih dari 5 destinasi wisata di Lombok.

Bagaimana bisa? Sangat bisa, habiskan saja waktu liburan Anda di tempat wisata Lombok dekat bandara Tengah. Ada banyak tempat menarik di sekitar bandara untuk mengisi waktu liburan singkat Anda, mulai dari wisata alam hingga wisata budaya.

Nah, di sekitar Lombok tengah ini terdapat berbagai macam tempat wisata yang tak kalah menarik dari wisata populer yang letaknya di Lombok Utara ataupun Lombok Barat. Lantas, apa saja tempat wisata Lombok dekat bandara yang menarik perhatian wisatawan?

Penasaran dengan 11 Tempat wisata Lombok dekat bandara ini apa saja? dan keindahan atau keunikan yang ditawarkan seperti apa? yuk kita simak artikelnya..

11 Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara Yang Indah dan Unik

  1. Pantai Kuta Lombok
    tempat wisata lombok dekat bandara
    Pantai Kuta Lombok

    Mendengar nama Pantai Kuta mungkin Anda akan mengingat Bali. Padahal, Lombok juga memiliki Pantai Kuta yang memiliki pemandangan begitu memukau.

    Pantai Kuta letaknya tak jauh dari bandara, tepatnya berada di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Banyak wisatawan yang datang ke pantai ini langsung dari bandara untuk melepas penat dan jet lag dari perjalanan udara.

    Namun, jika Anda datang dari Kota Mataram, Anda harus terlebih dahulu menempuh perjalanan panjang, kurang lebih sekitar 70 km ke arah Tenggara untuk menuju pantai ini. Waktu tempuh dari Kota Mataram sekitar 90 menit perjalanan darat.

    Untuk menuju ke pantai ini dari Kota Mataram, sebaiknya Anda menyewa mobil atau bergabung dengan paket tour. Sebab, jika Anda memaksakan diri untuk menaiki angkutan umum akan sangat jarang dan relatif mahal. Angkutan umum di sekitar Lombok hanya beroperasi sampai pukul 3 sore.

    Pasir Merica Pantai Kuta Lombok
    Pasir Merica Pantai Kuta Lombok

    Pantai Kuta memiliki garis pantai yang panjangnya mencapai 7,2 km. Pemandangannya begitu indah, pasirnya putih, butirannya bak merica, bibir pantainya luas dan panjang, dan panoramanya sungguh mempesona.

    Di sebelah barat, Anda akan melihat pemandangan sebuah bukit yang dinamakan Bukit Mandalika. Bukit ini juga menjadi spot yang tepat untuk menikmati Pantai Kuta Lombok dari ketinggian. Di pantai ini Anda akan menemukan banyak spot foto terbaik dengan Pantai Kuta Lombok sebagai background-nya.

  2. Pantai Seger

    Pesona Indah Lombok di atas bukit Pantai Seger Lombok
    Pantai Seger Lombok

    Pantai ini hanya berjarak sekitar 15 menit dari Pantai Kuta Lombok. Pantai ini juga jaranya tak jauh dari Pantai Tanjung Aan. Meski begitu Pantai Seger memiliki karakteristik pemandangan yang berbeda dengan pantai terdekatnya.

    Pantai Seger dikelilingi oleh keindahan bukit yang memilki gugusan beragam bentuk. Pasirnya putih, sama seperti pantai-pantai di Lombok pada umumnya. Sekeliling pantainya juga begitu terjaga kebersihannya. Uniknya lagi, karang di pantai ini masih sangat terjaga keasliannya.

    Wisata Pantai Seger
    Wisata Pantai Seger

    Tak hanya pemandangannya yang sangat mempesona, pantai ini memiliki cerita sejarah yang unik pula. Di pantai inilah terdapat monument Puteri Mandalika yang merupakan legenda Suku Sasak Lombok.

    Karena jaraknya yang cukup berdekatan dengan Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger juga kerap mengadakan ritual tahunan, Ritual Bau Nyale, di bulan Februari atau Maret. Serupa dengan Ritual Bau Nyale yang diadakan di Pantai Tanjung Aan, di mana warga lokal dengan para wisatawan juga akan bersama-sama mencari cacing laut.

  3. Pantai Tanjung Aan

    liburan di lombok
    Pantai Tanjung Aan Lombok

    Satu tempat yang wajib ada di daftar destinasi wisata Anda di Lombok adalah tempat asal Puteri Mandalika, Pantai Tanjung Aan. Pantai yang begitu mempesona ini memiliki pemandangan luar biasa yang berhadapan langusng dengan Samudera Hindia. Pantai ini kurang lebih memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 2 kilometer.

    Bagi Anda yang gemar snorkeling, pantai ini jangan sampai terlewatkan, karena ombaknya cukup tenang dan kedalamannya relatif dangkal.

    Jangan khawatir jika Anda tidak membawa peralatan snorkeling, di sini ada banyak tempat sewa alat snorkeling. Menjelang sore, permukaan laut di pantai ini mulai naik dan ini merupakan waktu terbaik untuk para pecinta olahraga surving menunggangi papan selancarnya.

    Tak hanya saat musim liburan, Pantai Tanjung Aan sering ramai pengunjung pada bulan Februari. Hal ini karena pada bulan Februari terdapat suatu ritual yang berkaitan dengan kepercayaan warga lokal, yaitu Ritual Bau Nyale.

    Ritual ini berhubungan dengan kepercayaan warga lokal tentang Puteri Mandalika yang pernah melompat dari area perbukitan di Tanjung Aan utnuk menghindari seorang pangeran yang ingin mempersuntingnya.

    Selanjutnya, Puteri Mandalika dipercaya bereinkarnasi menjadi ‘nyale’ atau cacing laut. Karena itulah, ritual ini dilakukan dengan cara mencari ‘nyale’ di sekitar pantai yang bisa juga diikuti oleh para wisatawan.

  4. Pantai Batu Payung

    Wisata Pantai Batu Payung Lombok
    Wisata Pantai Batu Payung Lombok

    Sesuai dengan namanya, di pantai ini terdapat sebuah karang besar yang menyerupai payung di pesisirnya. Pantai Batu Payung bisa dikatakan sebagai primadona Lombok Tengah. Sebab, banyak wisatawan yang sering membicarakannya.

    Pantai ini sebetulnya tidak seperti yang dibayangkan, karena begitu sampai Anda tidak akan melihat hamparan pasir putih dipinggirnya. Anda hanya akan melihat bebatuan dan karang besar yang bentuknya menyerupai payung. Selain itu, pantai ini tidak mudah terlihat karena letaknya berada di balik bukit di seberang lautan.

    Untuk menuju kesana, Anda bisa berangkat dari Pantai Tanjung Aan, kemudian berjalan kaki meyusuri pantai sekitar 30 menit.

    Jika ingin lebih cepat, Anda bisa menaiki perahu sekitar 15 menit, lalu berjalan kaki sekitar 5 menit. Anda harus berhati-hati menyusuri jalan menuju pantai ini. Sebab, Anda akan menyusuri jalanan bebatuan dan berlumut yang tentunya sangat licin.

  5. Bukit Merese

    Bukit Merese Lombok
    Bukit Merese Lombok

    Bukit ini terletak di area Pantai Tanjung Aan. Untuk menuju Bukit Merese dari Bandara Internasional Lombok, Anda hanya butuh waktu sekitar 20-30 menit. Namun, jika Anda datang dari Mataram, butuh waktu kurang lebih dua jam untuk bisa melihat keindahan Bukit Merese.

    Untuk benar-benar sampai di bukitnya, Anda akan melewati beberapa pantai yang sudah cukup populer di kalangan para wisatawan, yaitu Pantai Kuta Lombok dan Pantai Seger.

    Bukit ini sering disebut sebagai Bukit Teletubbies, karena hamparan rumput hijau yang berpadu dengan birunya langit persis seperti padang rumput di serial Teletubbies. Dari atas bukit bahkan anda akan melihat pemandangan luar biasa, yaitu pasir putih dan warna laut yang hijau kebiruan dari pantulan cahaya matahari.

    Ditambah lagi, Anda akan melihat terumbu karang dari atas bukit karena air lautnya begitu jernih. Arus laut dan ombaknya yang begitu tenang, membawa suasana begitu romantis dan sejuk di tempat ini.

    Apalagi, kala matahari terbenam, Anda akan melihat senja terbaik di Lombok. Tak heran, jika banyak juga orang yang menyatakan cinta atau melamar kekasih di bukit ini. Sehingga, sering juga mendapat julukan Bukit Cinta.

  6. Desa Sade

    Wisata Lombok Tengah
    Desa Sade Lombok

    Jika Anda ingin melihat kehidupan asli masyarakat asli Suku Sasak, datanglah ke Desa Sade yang terletak di Kuta, Lombok. Jaraknya hanya sekitar 15 – 20 menit dari Bandara Internasonal Lombok.

    Banyak wisatawan yang menjadikan desa ini sebagai destinasi wisata, karena desa ini begitu terkenal dengan budaya dan adatnya yang masih kental.

    Meski letaknya yang berada persis di pinggir jalan dan sudah terkepung dunia modern, masyarakat Desa Sade tetap memegang teguh nilai-nilai budaya nenek moyang.

    Desa Sade sangat terkenal dengan bangunan tradisionalnya yang masih alami. Uniknya lagi, desa ini masih menggunakan cara-cara lama untuk menjaga kebersihan dan kekokohan rumahnya.

    Masyarakat Desa Sade hingga kini masih membersihkan alas rumahnya menggunakan kotoran kerbau dan digosok menggunakan ilalang atau jerami kering. Masyarakat percaya, kotoran kerbau dapat membuat alas rumah mereka yang terbuat dari tanah yang dicampur dengan kotoran kerbau, menjadi mengkilap, bersih, dan bebas serangga.

    Para perempuan di desa ini diwajibkan bisa menenun sebelum mereka menikah. Sebab, untuk memenuh kebutuhan sehari-hari, masyarakat Desa Sade melakukannya dengan menenun dan bercocok tanam.

    Tahukah Anda, kain tenun yang dibuat di desa ini terkenal hingga ke Bali. Anda yang mengunjungi Desa Sade bisa turut belajar menenun atau sekedar membeli kain.

  7. Desa Sukarare

    oleh-oleh khas lombok
    Tenun Lombok

    Desa ini terletak tak jauh dari Desa Sade. Di Desa Sukarara, masyarakat Suku Sasak juga masih menjaga adat dan budayanya. Tak bedanya dengan Desa Sade, menenun menjadi pekerjaan sehari-hari masyarakat Desa Sukarara.

    Bahkan, masyarakat Desa Sukarara kerap membuat motif tenun yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Salah satu motif yang dibuat di desa ini dan memiliki nilai sejarah tinggi adalah motif Subanalae. Motif ini merupakan motif tenun yang dibuat oleh istri raja selama berbulan-bulan di kamarnya.

    Anda yang berkunjung ke Desa Sukarara bisa ikut belajar menenun bersama para pengrajin tenun. Tak hanya itu, Anda juga bisa berfoto di depan rumah Adat Sukarara dengan mengenakan pakaian adat.

    Foto ini bisa langsung dicetak untuk dijadikan kenang-kenangan bersama teman ataupun keluarga. Jangan lupa pula untuk membeli kain tenun khas Desa Sukarara.

  8. Desa Banyumulek
    wisata desa Banyumulek LombokJika Desa Sukarara dan Desa Sade merupakan desa penghasil kain tenun khas Lombok, maka Desa Banyumulek sedikit berbeda.Desa Banyumulek merupakan desa penghasil gerabah terbesar di Lombok dan sudah terkenal hingga ke mancanegara. Di desa ini Anda bisa melihat berbagai macam hasil kerajinan gerabah yang dihasilkan dari tangan masayrakat sekitar.Uniknya, masyrakat Desa Banyumulek membuat kerajinan ini dengan alat yang masih sangat sederhana.

    Di desa ini, Anda bisa melihat berbagai bangunan unik yang dihias dengan gerabah hasil tangan masyarakat Desa Banyumulek.

    Tak hanya melihat-lihat gerabah, para wisatawan yang berkunjung bisa turut belajar membuat gerabah dan membawa hasil karya masing-masing sebagai oleh-oleh. Masyarakat Desa Banyumulek juga menjual kerajinan hasil tangan mereka dengan harga yang variatif.

  9. Pantai Selong Belanak
    Cerianya wisata Bapak Varian dan Keluarga di Pantai Selong Belanak Lombok
    Pantai Selong Belanak Lombok

    Rasanya tidak berlebihan jika menyebut pantai ini sebagai berlian tersembunyi di Lombok. Meski keberadaannya jarang diketahui banyak wisatawan, namun pantai ini sudah terkenal di kalangan wisatawan asing.

    Pantai Selong Belanak termasuk pantai yang sangat dikagumi oleh wisatawan asing. Saat musim liburan Eropa pada bulan Juni, Juli, dan Agustus, pantai ini dipadati dengan wisatawan asing.

    Saking banyaknya pengunjung mancanegara yang datang, para wisatawan lokal akan merasa asing berada di tempat ini karena memang sangat sedikit wisatawan lokal yang mengetahui pantai ini.

    Bukan permasalahan akses yang membuat pantai ini kurang populer, melainkan keterbatasan informasi dan promosi pantai ini jika dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

    Padahal, pantai ini menyimpan keindahan yang luar biasa. Tak hanya itu, banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, sehingga banyak wisatawan asing yang tertarik mengunjungi Pantai Selong Belanak.

  10. Pantai Mawun

    Wisata Bapak Irwan di Pantai Mawun Lombok
    Pantai Mawun Lombok

    Tempat wisata lombok dekat bandara satu ini hanya berjarak sekitar 40 menit dari Bandara Internasional Lombok ini memiliki akses jalan yang sudah sangat memadai.

    Pantai ini banyak dikunjungi oleh mereka yang menunggu jam penerbangan pulang. Berada di sebuah dusun kecil, Dusun Mawun, pantai ini memiliki keunikan tersendiri dari pantai lainnya di Lombok.

    Jika Anda pernah berwisata ke Pulau Komodo, seperti itulah kurang lebih pemandangan yang bisa Anda saksikan di Pantai mawun.

    Dari bibir pantainya, Anda akan melihat bukit savana yang begitu menakjubkan. Panorama alam yang tak akan pernah Anda lupakan setelah mengunjungi pantai ini.

    Bentuk pantainya melengkung membentuk setengah lingkaran atau dari atas terlihat seperti tapak kuda yang diapit oleh area perbukitan di setiap ukung kanan-kirinya. Aliran laut lepasnya seperti memasuki gerbang dan bagian tengah merupakan laut dengan ombak yang cukup tenang.

    Tak banyak memang aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini, namun tempat ini tidak terlalu ramai pengunjung. Karena itulah Anda bisa dengan leluasa menikmati liburan di salah satu pantai tempat wisata lombok dekat bandara ini dengan berenang, bersantai atau merenung, dan tentunya surving.

    Ada beberapa kursi malas yang disediakan untuk Anda bersantai, ada juga spot surving yang merupakan spot andalan dari tempat ini.

  11. Pantai Semeti
Pantai Semeti

Tempat wisata lombok dekat bandara Pantai Semeti ini seringkali disebut sebagai ‘aquarium alam’ karena memiliki sejuta keindahan di bawah lautnya. Tak hanya itu, begitu Anda sampai di pantai ini, Anda mungkin akan merasa seperti bukan di planet Bumi.

Sebab, keindahan yang ditawarkan Pantai Semeti sangat berbeda dengan pantai-pantai lainnya.

Pantai ini dikelilingi oleh batu karang dan tebing-tebing besar. Tak hanya berbentuk perbukitan, tebing ini membentuk tonggak-tonggak layaknya balok kristal yang disusun sedemikian rupa. Jika Anda ingat film Superman, Anda akan merasa sedang berada di tempat tinggalnya.

Di bagian bibir pantainya, Anda akan melihat hamapran pasir putih yang halus dan besih. Butirannya persis seperti merica, namun lebh halus dibandingkan dengan karakteristik pasir pantai Lombok lainnya.

Air lautnya sangat jernih, baik pada saat airnya surut maupun pasang. Saat surut, Anda akan dengan mudah melihat bebatuan besar yang menjorok ke laut, indah sekali.

Jika Anda ingin menjelajahi beberapa tempat di pantai ini, Anda akan mendapatkan spot unik yang berupa celah-celah kecil yang menyuguhkan pemandangan menarik. Menariknya adalah gelombang laut sering kali masuk ke celah-celah bebatuan ini.

Hempasan gelombang yang masuk ke celah-celah sempit ini merupakan pemandangan yang begitu langka dan tidak selalu bisa Anda dapatkan di banyak pantai di Lombok.

Tidak mudah menjangkau pantai ini, karena letaknya yang berada di balik bukit. Anda akan menuju area persawahan dan banyak jalan berlubang.

Bisa dikatakan aksesnya masih belum layak untuk dijadikan tempat wisata. Namun, keindahan setelah Anda melewati perjalanan melelahkan itu akan terbayar dengan keindahan sempurna.

Sudah Tahukan 11 Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara, Yang Mana Favorit Anda?

Itulah tadi 11 tempat wisata Lombok dekat Bandara Internasional Lombok yang bisa Anda datangi dalam waktu liburan yang singkat.

Dengan mendatangi tempat wisata sekitar bandara, waktu liburan singkat Anda bisa lebih efektif dan efisien dibandingkan memaksakan harus menuju wilayah Lombok lainnya.

Lagipula, Lombok merupakan tempat yang candu untuk berlibur. Jika sudah mengetahui tempat wisata lombok dekat bandara, suatu saat pasti Anda akan kembali berlibur lagi mengunjungi tempat wisata Lombok lainnya.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)