Air Terjun Sendang Gile, Salah Satu Air Terjun Cantik di Lombok

Wisata air terjun menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dicari beberapa tahun belakangan ini. Hal ini tidak lepas dari tren media sosial yang kini lebih mengarah ke tempat wisata alam dibandingkan wisata lainnya. Semakin alami, tersembunyi, dan belum terjamah, akan semakin menarik dan menantang untuk dikunjungi. Salah satu air terjun yang cantik di Lombok adalah Air Terjun Sendang Gile.

Hal ini menjadi salah satu penyebab wisata air terjun di Lombok banyak dikunjungi, yaitu air terjun Sendang Gile yang menjadi salah satu destinasi wisata paling favorit di Lombok selain pantai. Ada banyak daya tarik tersembunyi yang membuat air terjun ini banyak dicari oleh wisatawan.

Ada banyak alasan yang membuat wisatawan rela menyusuri hutan hanya untuk melihat salah satu air terjun di pulau Lombok ini. Satu yang paling penting adalah keindahannya. Karena keindahannya inilah, wisatawan rela melakukan trekking menyusuri hutan demi mengunjungi air terjun satu ini.

Daya tarik Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile

Air terjun Sendang Gile termasuk dalam salah satu list atraksi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan saat berkunjung ke Lombok. Sebelum Anda dapat menjangkau air terjun satu ini, Anda memang harus melakukan trekking atau jalan kaki menyusuri hutan lindung dari tempat Anda memarkirkan kendaraan Anda.

Tetapi perjuangan Anda akan langsung terbayarkan setelah Anda sampai di air terjun ini. Ada beberapa daya tarik air terjun satu ini yang membuat Anda wajib mengunjunginya saat singgah ke pulau Lombok. Apa saja ya? Berikut diantaranya.

  1. Ketinggian air terjun 30 meter

Daya tarik pertama dari air terjun Sendang Gile adalah ketinggian air terjun. Air terjun ini termasuk dalam kriteria air terjun besar yang memiliki ketinggian 30 meter.

Artikel Favorit >  Hotel Murah Di Pulau Gili Lombok

Air terjun ini mengalir membelah dinding batu yang ditumbuhi tanaman paku dan lumut yang khas. Perpaduan air terjun dengan hijaunya pemandangan membuat kontras yang sangat cantik.

  1. Udara segar dan nyaman

Selain itu, lokasi air terjun yang berada di dataran tinggi dan di tengah hutan membuat Anda dapat merasakan udara yang sangat sejuk dan segar. Hal ini tentunya menjadi pengalaman tersendiri.

Udara yang sejuk dan segar akan membuat Anda merasa nyaman bukan? Banyaknya oksigen yang tersedia membuat Anda tidak boleh melewatkan menarik napas dalam-dalam dan mengumpulkan oksigen sebanyak-banyaknya.

Kelebihan jalur trekking Sendang Gile, air terjun di Lombok

wisata murah di lombok
air terjun sendang gile

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, untuk mencapai air terjun satu ini, kita harus menyusuri jalur trekking terlebih dahulu. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena jalurnya tidak akan menyusahkan Anda, justru akan membuat Anda sangat menikmatinya. Mengapa? Berikut alasannya.

  1. Jalur trekking dengan pemandangan yang indah

Daya tarik yang pertama adalah jalur trekking-nya yang sangat indah. Hal ini membuat Anda tidak sempat merasa lelah. Anda akan sibuk melihat panorama cantik sepanjang jalan menyusuri area trekking. Hal ini terutama karena air terjun satu ini terletak di kawasan hutan lindung gunung Rinjani.

Anda akan menemukan berbagai pohon besar khas hutan tropis seperti pohon jati, pohon sentul, pohon bajur, dan pohon ipil. Anda juga akan melihat keanekaragaman flora yang tidak kalah menariknya seperti aneka tanaman paku yang tumbuh besar, dan sebagainya. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa melihat beberapa fauna yang menghuni hutan ini salah satunya adalah monyet.

  1. Jalur trekking jelas dan dekat

Walaupun Anda harus melakukan trekking menyusuri hutan, namun Anda tidak perlu khawatir tersesat. Pasalnya jalur trekking sudah dibuat dengan tipe jalan setapak berundak yang dapat kita telusuri dengan mudah.

Artikel Favorit >  4 Pantai Terindah di Lombok Yang Harus Anda Ketahui

Jadi, hutan lebat bukan masalah karena arah ke mana kita menuju sudah sangat jelas. Selain itu, trekking yang dilakukan tidak lama. Anda hanya harus melakukan perjalanan menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 15 menit saja untuk menjangkau air terjun satu ini.

Itu tadi ulasan mengena air terjun Sendang Gile yang dapat menjadi tujuan wisata Anda. Bagi Anda yang tidak biasa jalan kaki, air terjun di Lombok ini masih bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif karena jalan trekking yang mudah dan dekat sehingga Anda tidak akan merasa terlalu lelah.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)