Rencana Liburan? Wisata Lombok Tengah Jawabannya

Rencana Liburan? Wisata Lombok Tengah Jawabannya

Lombok tengah memiliki beragam lokasi wisata yang menarik dan eksotis. Contoh lokasi yang terkenal sebagai tujuan wisata Lombok Tengah adalah Pantai Kuta, Pantai Tanjung Aan Lombok, Desa Sade dan Desa Sukarara. Wisata Lombok saat ini semakin banyak pengunjung, karena banyak tempat wisata yang menyuguhkan berbagai keindahan alam yang sangat menakjubkan dan masih sangat alami serta terjaga kebersihannya.

Rekomendasi Lokasi Wisata Lombok Tengah

Lombok Tengah sangat cocok untuk dijadikan sebagai lokasi liburan Anda karena suasananya tenang, damai dan penduduknya ramah-ramah. Bisa dijamin bila Anda berlibur ke Lombok Tengah Anda akan merasakan sensasi aman dan tenteram. Anda juga tidak perlu bingung dimana akan bermalam atau sekadar istirahat melepas lelah. Berbagai jenis tempat penginapan dari harga yang murah hingga kelas tinggi telah didirikan untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan. Akses jalan sudah mumpuni dan mudah untuk menjangkau lokasi yang hendak Anda tuju.

Wisata Lombok Tengah yang Populer

Berikut ini beberapa tujuan Wisata Lombok Tengah yang populer di kalangan wisatawan:

  1. Desa Sade
Wisata Lombok Tengah
Desa Sade Lombok

Desa Sade adalah salah satu lokasi tujuan wisata Lombok yang menarik karena kentalnya budaya di daerah tersebut. Masyarakat masih menjunjung tinggi adat dan juga kebudayaan. Kesenian di Desa Sade juga sangat menarik. Letak Desa Sade berada di 8 km dari Bandara International Lombok. Ada 7 keunikan yang terdapat di Desa Sade yaitu:

  1. Masyarakat Desa Sade tidak menikah dengan masyarakat dari lain desa sehingga satu lingkup desa merupakan saudara yang dinikahkan. Mahar yang diberikan juga cukup murah dibanding bila mereka menikah dengan wanita dari desa lain yaitu harus memberikan sejumlah ekor kerbau untuk dijadikan sebagai mahar pernikahan dengan wanita lain desa.
  2. Bangunan di Desa Sade cukup unik. Bangunan terbuat dari bahan anyaman untuk dinding, alang-alang kering untuk dijadikan atap, kayu dan bambu dijadikan sebagai tiang dan lantainya terbuat dari tanah liat yang dicampur dengan sekam padi. Uniknya setiap seminggu sekali, lantai digosok dengan kotoran kerbau dan dicampur dengan sedikit air. Setelah kering, lantai dibersihkan dari debu dan digosok dengan batu. Kotoran kerbau dipercaya dapat mengusir serangga dan aktifitas magis serta dapat menguatkan dan menghaluskan lantai.
  3. Terdapat kesenian berupa atraksi budaya di Desa Sade yaitu tari-tarian da permainan alat musik.
  4. Anda dpaat belajar menenun secara langsung di Desa Sade. Kain yang ditenun berupa kain songket. Anda dapat belajar mulai dari pemintalan kapas, pembuatan benang hingga menenun kain.
  5. Masyarakat Desa Sade masih kerap mengenakan pakaian adat untuk acara terentu dan juga untuk kesehariannya.
  6. Alat-alat tenun yang digunakan masih berupa alat tradisional yang masih dijaga hingga sekarang.
  7. Masyarakat Desa Sade masih menjunjung tinggi nilai kearifan. Penduduk sangat ramah dan mereka tidak ragu untuk mempersilahkan wisatawan untuk masuk ke dalam rumah mereka dan melihat isi rumahnya.

      2. Desa Sukarara

Belajar Menenun di desa sukarara Lombok
Desa sukarara Lombok

Desa berikutnya yang menjadi tujuan wisata Lombok Tengah adalah Desa Sukarara. Desa Sukarara adalah desa tenun dimana di desa tersebut masyarakat sebagian besar mengrajin kain tenun songket untuk dijual kepada wisatawan maupun untuk keperluan acara adat setempat. Di Desa Sukarara ini, kain tenun dijual di toko-toko sekaligus dengan mmeperlihatkan bagaimana kain songket itu dibuat dan pengunjung bisa sekaligus belajar menenun. Ciri khas kain songket dari Desa Sukarara ini motif yang digunakan adalah motif rumah adat masyarakat Lombok dan motif tokek. Kain tenun ini dapat menjadi buah tangan Anda setelah menjalani wisata Lombok Tengah.

  1. Pantai Tanjung Aan
Wisata pantai Tanjung Aan Lombok
Wisata pantai Tanjung Aan Lombok

Tujuan wisata Lombok berikutnya adalah Pantai Tanjung Aan yang terletak di selatan pulau Lombok. Suasana yang diberikan merupakan suasana yang tenang dan damai. Pasir-pasir di Pantai Tanjung Aan ini bulat seperti merica dan ombaknya tenang serta airnya dangkal. Sangat cocok untuk Anda yang memiliki hobi snorkling. Pada sore hari, ombak akan mengalami pasang dan menjadi wahana selancar yang baik. Pantai Tanjung Aan dikelilingi oleh perbukitan, bila Anda ingin menikmati keindahan pantai bisa melihatnya dari atas perbukitan yang berada di tepian pantai.

  1. Pantai Kuta Lombok
Pantai Kuta Lombok
pantai kuta lombok

Pantai ini merupakan pantai yang terkenal di Lombok. Di Pantai Kuta Lombok, Anda dapat sekedar untuk berjemur atau bercengkerama bersama rekan Anda dan juga dapat melakukan olahraga surfing karena ombaknya yang memang bagus. Keunikan lain Pantai Kuta Lombok terdapat pada pasir pantainya yang menyerupai butiran merica. Pantai Kuta Lombok tidak kalah indah dengan Pantai Kuta yang ada di Bali, bedanya Pantai Kuta di Lombok tidak seramai Pantai Kuta di Bali. Namun, itulah yang menjadi daya tarik bagi pantai Kuta yang ada di Lombok.

Demikian 3 tujuan wisata Lombok Tengah yang dapat Anda kunjungi dan merupakan lokasi tujuan wisata yang populer. Jadi ayo berlibur ke Lombok dan rasakan sendiri keindahan alam yang di suguhkan pulau ini.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)