Putri Mandalika Lombok Legenda dari Festival Bau Nyale

putri mandalika lombok

Bantu kami Share keindahan Lombok, agar kembali ramai dikunjungi wisatawan…

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Share on whatsapp

Putri Mandalika Lombok merupakan sebuah Legenda cerita rakyat di Lombok bagian tengah. Yang dimana Cerita ini menjadi Festival tahunan di Lombok yang terkenal dengan nama “Bau Nyale”.

Kisah Legenda Putri Mandalika Lombok

Kisah dahulunya ada sebuah kerajaan yang di pantai selatan pulau Lombok, bernama Tanjung Bitu. Kerajaan ini memiliki seorang putri mahkota yang sangat cantik, dan berkepribadian baik bernama Putri Mandalika.

putri mandalika lombok
putri mandalika lombok

Putri Mandalika tumbuh dewasa dengan menawan, selain memiliki wajah yang cantik putri juga memiliki sifat yang baik dan sopan, putri juga terkenal ramah. Dengan mata yang indah, rambut panjangnya yang cantik terurai. Membuat setiap orang yang melihatnya jatuh cinta.

Karena kecantikkan sang putri, banyak pangeran dari berbagai kerajaan datang ingin mempersuntingnya. Saking banyak pangeran yang melamar putri, sang raja menyerahkan keputusan memilih kepada Putrinya.

Kemudian sang Putri pun mengambil keputusan untuk bersemedi, dan dalam semedi Putru mendapat petunjuk dan mengundang semua pangeran serta rakyatnya untuk berkumpul pada tanggal 20 bulan ke 10, bulan sasak di pantai seger kuta di pagi hari sebelum adzan subuh berkumandang.

Tiba saatnya waktu yang ditentukan sang putri, pangeran dari berbagai kerajaan pun datang beserta rakyatnya. Pantai Seger pun ramai dipenuhi oleh rakyat dari masing-masing kerajaan.

Putri tiba mengenakan pakaian dari kain sutra yang sangat indah, putri dan pengawalnya menaiki bukit di pantai seger. Dan mengucapkan kepada seluruh tamu dan rakyatnya, sang putri berkata ingin melihat ketentraman dan kedamaian ada di Pulau Lombok, tanpa adanya perdebatan.

Putri menyadari jika ia menerima salah satu lamaran dari pangeran, pasti akan adanya perselisihan yang hingga adanya perang. Kemudian sang putri melangkah membelakangin lautan lepas, dan berkata kepada seluruh undangannya, dan mengatakan keputusannya.

Dalam ucapan sang putri berkata bahwa dirinya untuk semua orang, lalu sang putri menjatuhkan dirinya ke laut. Semua tamu undangan pun kaget dan mencari sang putri kelaut, namun hasilnya sia-sia karena mereka tidak bisa menemukan sang putri.

Tidak lama kemudian terdapat binatang nyale yang muncul dari laut, binatang tersebut adalah cacing panjang yang dikenal dengan nama nyale. Masyarakat percaya bahwa cacing tersebut adalah jelmaan sang Putri Mandalika Lombok.

Dan hingga sekarang upacara adat Bau Nyale ini selalu dirayakan, dan dilaksanakan pada bulan Februari – Maret.

Anda bisa mengunjungi pantai seger untuk menyaksikan monumen putri Mandalika, Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang ada disini.

Jika Anda bingung jalan menuju Pantai seger, Anda bisa menggunakan jasa Paket Liburan ke Lombok. Karena akan mempermudah Anda saat berlibur di Lombok, dan mengunjungi objek wisata dengan mudah.

Anda juga bisa menggunakan sewa mobil di Lombok untuk sampai di wisata pantai seger Lombok. Dengan sewa mobil Anda biasa ditemani supir kami yang berpengalaman, yang siap memberikan informasi terupdate seputar wisata Lombok.

lombok nusa tenggara barat indonesia
indahnya pantai seger kuta lombok

Selain menyaksikan cerita rakyat yang melegenda Anda juga berwisata menikmati indahnya alam di pantai seger, Anda bisa mendaki bukit dan melihat langsung peson laut lepas yang mempesona.

pantai seger kuta lombok
bukit di pantai seger kuta lombok

Sudah taukan cerita rakyat Putri Mandalika di Lombok ini, yuk kunjungi sekarang dan buat liburan Anda lebih seru dan berkesan di Lombok.

Ajak keluarga dan juga kerabat Anda untuk menikmati cerita sejarah, dan keindahan alam di Pantai Kuta dan Pantai Seger Lombok. Dijamin bakal menyenangkan, kami siap menemani perjalanan wisata Anda di Lombok. 🙂

Paket Wisata di Lombok Favorite, Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Lombok

Artikel Lombok Menarik Lainnya :)

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)