Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah Yang Wajib Dikunjungi

Pulau Lombok terkenal akan segudang pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah. Pantai ini menghadap langsung ke arah Samudera Hindia dan garis pantainya membentang sejauh 2 km.

Pasir di pantai ini tampak unik dan membedakannya dengan pantai lain yang ada di Lombok. Pasir pantainya berbentuk seperti merica dan membulat. Pantai ini terutama bisa jadi tempat yang tepat bagi kita untuk melakukan snorkelling maupun berenang.

Ombaknya cukup tenang serta kedalamannya juga relatif dangkal. Jika lupa membawa peralatan atau memang tidak punya, jangan khawatir karena tersedia persewaan alat snorkelling di bagian tepi pantai.

Tips Wisata ke Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah

pantai tanjung aan lombok tengah
Wisata Pantai Tanjung Aan Lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah dikelilingi beberapa bukit. Kita bisa dengan mudah mencapai serta mendaki bukit-bukit tersebut. Terutama apabila kita ingin menyaksikan keindahan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian.

Di sekitar pantainya sendiri akan ditemukan banyak payung kayu beratap rajutan jerami. Jika sudah lelah mendaki bukit, kita bisa menikmati keindahan pantainya dengan berbaring di bawah payung itu. Apalagi, kita jgua bisa menikmati segarnya kelapa muda sambil berbaring di bawah payung.

Terdapat pula deretan restoran di sepanjang tepi pantai yang menyediakan ragam masakan menu setempat. Menikmati makanan sambil menyaksikan keindahan Pantai Tanjung Aan tentu jadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan.

Pantai Tanjung Aan Lombok
Pantai Tanjung Aan Lombok

Saat musim liburan, Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah ini akan banyak dikunjungi wisatawan domestic karena ini merupakan salah satu tempat wisata Lombok dekat Bandara. Akan tetapi pada bulan Februari, pengunjungnya tak sekedar wisatawan domestik namun juga mancanegara.

Pada bulan tersebut akan diadakan sebuah ritual istimewa yang dinamakan Ritual Bau Nyale. Ritual ini sehubungan mitos setempat terkait Putri Mandaika. Dikisahkan bahwa Putri Mandalika melompat dari atas bukit guna menghindari kejaran pangeran yang hendak menikahinya.

Artikel Favorit >  Ini Dia Primadona Destinasi saat Wisata ke Lombok

Menurut mitos tersebut, Sang Putri kemudian berubah menjadi nyale, hewan laut serupa cacing. Cacing laut ini biasa diburu warga setempat untuk dimasak menjadi aneka kuliner lokal. Nyale juga umum ditemukan di beberapa tempat lain di Indonesia seperti Sumbawa serta Maluku.

Terdapat empat spesies Nyale yang bersal dari famili Eunicidae. Keempatnya adalah Eunice viridis, Eunice siciliensis, Licydice collaris serta Dendronereides heteropoda.

Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah sendiri terletak kira-kira 75 km dari Kota Mataram atau sekitar 3 km jauhnya dari Pantai Kuta di Lombok. Jika kita menggunakan kendaraan pribadi dari arah Kota Mataram, dibutuhkan perjalanan sekitar 1.5 jam lamanya.

Sangat disarankan bagi para wisatawan untuk menggunakan mobil maupun sepeda motor dari Mataram, baik milik pribadi atau sewaan. Ini karena masih jarangnya angkutan umum yang beroperasi di wilayah tersebut. Sesampainya di Pantai Tanjung Aan, sempatkan juga untuk mengunjungi pantai-pantai di sekitarnya.

Ada beberapa tips wisata ke Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah yang dijamin akan membuat kegiatan wisata di Lombok Anda menjadi makin seru.

Tips Wisata ke Patai Tanjung Aan Lombok Tengah

  1. Jika kita berencana untuk turut mengunjungi pantai-pantai yang ada di sekitar Tanjung Aan, berangkatlah pada pagi hari agar memiliki cukup waktu
  2. Jangan ragu bawa uang tunai dalam jumlah banyak guna mengantisipasi apabila kita tidak menemukan ATM
  3. Pastikan bawa kacamata hitam, tabir surya serta penutup kepala
  4. Bawalah pakaian ganti apabila berencana untuk melakukan aktivitas air
  5. Gunakan alas kaki yang nyaman jika hendak mendaki bukit di sekitar Pantai Tanjung Aan, seperti sepatu atau sandal yang nyaman.

Itulah tadi artikel mengenai wisata Pantai Tanjung Aan Lombok Tengah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Selamat berlibur 🙂

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)