Oleh Oleh Lombok Yang Perlu Dibawa Pulang

Oleh Oleh Lombok Yang Perlu Dibawa Pulang

Pulau Lombok menjadi destinasi wisata terfavorit setelah Bali. Selain panoramanya, pulai ini juga menyiapkan oleh oleh Lombok yang bisa dijadikan cinderamata para wisatawan. Lombok dikenal dengan pulau yang memiliki banyak destinasi wisata alamnya. Banyak wisatawan yang memilih Lombok sebagai tempat tujuan wisatanya. Ternyata tidak hanya alam saja, Lombok juga memiliki keragaman budaya. Hal ini dapat dilihat dari oleh oleh Khas Lombok yang dijualkan kepada para wisatawan. Dalam liburan menjadi kurang lengkap jika Anda tidak membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah yang menunggu Anda pulang.

Oleh Oleh Lombok Dapat Menjadi Kenangan Sepanjang Masa

Ada berbagai macam oleh-oleh atau cinderamata yang dijual di Lombok, mulai dari makanan, minuman, hingga cinderamata berbentuk barang untuk dipajang. Cinderamata yang tidak kalah menariknya adalah kain songket dan gerabah khas dari Lombok. Kedua oleh-oleh ini merupakan cinderamata sebagai hasil dari keterampilan warga Lombok yang menjadi budaya. Anda yang mengunjungi pulau Lombok belum afdol jika tidak membeli oleh-oleh dari Lombok sebagai buah tangan untuk dibawa pulang atau sebagai kenang-kenangan. Ada banyak sekali oleh oleh Lombok yang bisa Anda pilih untuk dibawa pulang.

Daftar Oleh Oleh Lombok

Ada beberapa oleh-oleh yang cukup berharga dan bisa menjadi kenangan sepanjang masa dalam hidup Anda. Oleh-oleh tersebut antara lain :

  1. Kain Songket Khas Oleh Oleh Lombok
Oleh Oleh Lombok
Desa Sukarara

Anda pasti sudah kenal dengan kain khas dari Lombok ini, yaitu kain Songket. Kain Songket merupakan kain yang dibuat dengan cara ditenun dan berasal dari desa Sukarara. Desa Sukarara menjadi tempat penghasil kain Songket sekaligus menjadi pusat pembuatan kain Songket di Pulau Lombok. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara pembuatan dan proses pembuatannya maka Anda bisa berkunjung langsung ke desa Sukarara. Pembuat kain Songket di desa Sukarara adalah para anak perempuan. Di desa Sukarara menganut tradisi dimana setiap anak perempuan belum diperbolehkan menikah sebelum bisa menenun. Sehingga kain Songket ini dibuat oleh tangan-tangan trampil dari anak perempuan Desa Sukarara.

Ada banyak pilihan kain Songket ini, harganya juga bermacam-macam tergantung dari penggunaan benangnya. Bahan dasar kain Songket ini berasal dari benang yang ditenun, benangnya berasal dari bahan-bahan alami. Pewarnaan yang digunakan untuk memberikan aneka warna pada kain Songket juga berasal dari bahan alami sehingga tidak mudah luntur. Kualitas dari kain Songket sudah terjamin kuatnya dan bahan tidak mudah luntur. Sehingga Anda perlu memiliki kain ini sebagai salah satu oleh oleh Lombok yang paling berharga. Anda juga bisa memilih kain Songket yang masih dalam bentuk bahan atau bisa memilih baju, kemeja yang berasal dari kain Songket yang telah diolah.

  1. Oleh Oleh Lombok Khas Desa Banyumulek
Wisata ibu devin mengunjungi desa banyumulek Lombok
wisata desa banyumulek

Lombok memiliki banyak sekali kebudayaan yang menjadi ciri khas dari pulau ini. Sama dengan kain Songket yang cukup dikenal sebagai kain khas Lombok, ada pula bentuk hasil dari kebudayaan yang tidak kalah menariknya yaitu gerabah dari Desa Banyumulek. Desa Banyumulek dikenal sebagai desa penghasil kerajinan berupa gerabah. Gerabah dari Desa Banyumulek ini sudah cukup dikenal hingga ke ranah internasional. Sehingga tidak jarang banyak wisatawan mancanegara yang memiliki ketertarikan dengan kerajinan ini datang langsung ke Desa Banyumulek, penghasil gerabah. Gerabah-gerabah ini dibuat oleh tangan-tangan terampil warga Desa Banyumulek. Jika Anda ingin melihat langsung proses pembuatannya atau ingin membeli gerabahnya maka bisa datang langsung ke Desa Banyumulek.

Gerabah-gerabah dari Desa Banyumulek banyak yang dibentuk menjadi vas bunga, kendhi untuk tempat penyimpanan telur, celengan, dan masih banyak yang dibentuk menjadi hiasan dinding. Motif, bentuk, ukuran, bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Bagi Anda yang mencintai kerajinan seperti gerabah ini maka bisa memilih gerabah khas Lombok ini sebagai oleh oleh Lombok yang bisa dikenang sepanjang masa.

Itulah dua bentuk oleh oleh Lombok yang menjadi khas sebagai budaya pulau Lombok. Suatu kebudayaan sudah seharusnya dijaga dan dilestarikan sebagai identitas dari suatu daerah. Antara gerabah dan kain Songket ini terus dikenalkan kepada para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Hal ini merupakan suatu cara untuk mengenalkan kebudayaan bangsa kepada para wisatawan. Jadi, bagi Anda yang berkunjung ke Lombok jangan lupa untuk membeli oleh-oleh gerabah atau kain Songket yang akan menjadi kenangan sepanjang masa.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)