Nikmati Liburan Lombok Mengunjungi Wisata Paling Populer

Nikmati Liburan Lombok Mengunjungi Wisata Paling Populer

Siapa yang tak kenal dengan Pulau Lombok? Pulau yang letaknya tak jauh dari Pulau Dewata ini memang begitu dikenal hingga wisatawan mancanegara. Salah satu yang menjadi daya tarik liburan Lombok adalah keberadaan pulau kecilnya yang begitu banyak dan memiliki keunikan masing-masing.

Namun, di antara sekian banyaknya gili di Lombok, terdapat tiga gili yang begitu populer dan paling banyak dikunjungi para wisatawan, baik lokal maupun asing. Ketiga gili tersebut adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Meski berada begitu berdekatan, ketiga gili ini memiliki karakteristik dan keunikan masing-masing yang berbeda-beda.

3 Gili Tujuan Liburan Lombok Paling Populer

Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air merupakan destinasi liburan Lombok yang sama-sama dikelilingi pantai pasir putih, laut yang jernih, hingga wisata bawah laut yang sama-sama menakjubkan. Namun, ternyata ketiganya memiliki masing-masing keunikan yang berbeda. Karenanya, bila mengunjungi Lombok, Anda wajib mengunjungi ketiga gili yang terletak di sebelah utara Pulau Lombok ini.

  1. Gili Trawangan
Wisata Ibu Lani di Gili Trawangan Lombok
Wisata di Gili Trawangan Lombok

Adalah gili yang paling besar dari Kepulauan Gili yang terdapat di Lombok. Letaknya yang cukup dekat dengan pusat kota membuat gili ini cukup ramai dibandingkan dengan kedua gili lainnya yang jaraknya berdekatan. Bahkan, wisatawan Gili Trawangan lebih banyak berasal dari mancanegara, dibandingkan waisatawan lokal.

Sebagian besar wisatawan yang datang ke Gili Trawangan memang bertujuan untuk berlibur, namun sebagian lainnya ada juga yang sengaja datang ke gili ini hanya untuk berlatih diving. Sebab, ada banyak sekolah menyelam terkemuka di Gili Trawangan yang menawarkan harga murahdan pastinya aman.

Kala malam tiba, Anda yang menyukai keramaian bisa menghabiskan waktu untuk berpesta. Ada sejumlah kafe dan restoran yang menyajikan live music hingga semalam suntuk. Ini juga yang menjadi salah satu keunikan Gili Trawangan yang membuatnya berbeda dengan dua gili lainnya di Lombok utara.

  1. Gili Meno
Liburan di Lombok
Gili Meno Lombok

Gili Meno berada di antara Gili Trawangan dan Gili Air, serta merupakan gili yang paling kecil di antara kedua gili di Lombok utara. Jika Anda menyukai ketenangan, Anda bisa menjadikan Gili Meno sebagai destinasi wisata.

Karena ketenangan dan ukurannya yang kecil, Gili Meno kerap dijadikan tujuan untuk berbulan madu. Berbeda dengan Gili Trawangan, Gili Meno tidak memiliki banyak resor, hotel, atau restoran mewah. Jumlah penginapan dan restoran di Gili Meno masih sangat terbatas.

Gili Meno juga begitu dikenal dengan taman bawah lautnya yang spektakuler. Bagi Anda yang belum memiliki lisensi diving, bisa mengikuti sekolah menyelam di tempat ini. Terdapat tiga sekolah diving yang bisa Anda pilih. Anda juga bisa menyewa alat snorkeling atau sepeda untuk menikmati liburan di Gili Meno.

  1. Gili Air
snorkeling di gili meno lombok
snorkeling di gili meno lombok

Keromantisan Gili Meno berpadu dengan keramaian Gili Trawangan, itulah suasana yang bisa dirasakan di Gili Air. Gili ini memiliki fasilitas yang hampir sama dengan Gili trasangan, ada banyak resor, restoran, hingga sekolah menyelam. Namun, Gili Air juga menawarkan suasana yang begitu tenang layaknya Gili Meno.

Selayaknya Trawangan, di sisi timur Gili Air, Anda bisa menikmati kehidupan malam yang begitu menghibur. Namun, memang tidak sehingar-bingar Gili Trawangan.

Di sisi baratnya, Anda akan menemukan pantai berpasir putih yang masih perawan. Keindahan bawah lautnya begitu mempesona, di mana Anda akan berkesempatan melihat ikanyang berwarna-warni, ikan badut, ada juga terumbu karang dan bintang laut yang cukup banyak jumlahnya di Gili Air.

Akses Menuju Tujuan Liburan Lombok Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Untuk menginjakkan kaki di ketiga gili ini, Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air, cara utamanya adalah melalui Pelabuhan Bangsal. Namun, pada saat-saat tertentu pelabuhan ini kerap ditutup karena alasan cuaca buruk, yaitu sifat ombaknya yang tenang di permukaan, namun kencang di kedalaman arus air lautnya. Nelayan setempat menyebutnya ‘ombak sorong’.

Anda juga bisa berangkat melalui Pelabuhan Lembar menggunakan fastboat langsung menuju Gili Trawangan. Estimasi waktu dari Pelabuhan Lembar sekitar 1 jam 35 menit. Jika ingin berangkat lebih tenang dan terjadwal, sebaiknya gunakan jasa travel yang menawarkan paket wisata ketiga gili tersebut.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)