Ingin Liburan yang Berbeda? Coba Wisata Air Terjun di Lombok ini

Paket Wisata Air Terjun Lombok

Bantu kami Share keindahan Lombok, agar kembali ramai dikunjungi wisatawan…

Jika Anda mendengar tentang Lombok bayangan yang terlintas biasanya adalah pantai yang indah dngan air laut yang biru. Pantai-pantai di wilayah Indonesia bagian timur memang memiliki pesona yang luar biasa indahnya. Mungkin belum terlalu banyak wisatawan yang mengetahui potensi wisata lainnya yang ada di Lombok. Jika bosan dengan liburan ke pantai, liburan ke air terjun di Lombok sepertinya patut untuk dicoba dan dijelajahi.

Di Pulau Lombok terdapat sebuah Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Di kawasan sekitar Gunung Rinjani ini banyak lokasi wisata alam yang menyuguhkan panorama yang sejuk dan asri. Selain banyak dikunjungi oleh para pendaki yang ingin mencapai puncak gunung, kawasan ini juga banyak didatangi karena objek wisata lainnya seperti hutan wisata dan air terjun.

Mengunjungi wisata air terjun di bawah kaki gunung rinjani
Mengunjungi wisata air terjun di bawah kaki gunung rinjani

Lokasi Wisata Saat Liburan ke Air Terjun di Lombok Terfavorit

Pulau Lombok memang memiliki kekayaan alam yang melimpah yang dapat dijadikan objek wisata menarik. Anda yang senang dengan lokasi wisata alam yang hijau, sejuk dengan gemericik air yang menangkan bisa mencoba untuk menikmati air terjun yang ada di wilayah Lombok. Beberapa lokasi air terjun yang sudah cukup dikenal oleh wisatawan diantaranya :

  1. Air Terjun Sendang Gile

Air terjun ini berada di wilayah administratif Desa Senaru, Kabupaten Lombok Utara. Lokasi ini berada di dalam area kai Gunung Rinjani sehingga memiliki udara yang sejuk, serta hutan yang cukup hijau dan rimbun.

wisata murah di lombok
air terjun sendang gile

Anda perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 2,5 jam dari Kota Mataran untuk dapat mencapai lokasi ini. Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi milik sendiri ataupun sewaan jika ingin berkunjung dan liburan ke air terjun di Lombok Utara yang satu ini.

Artikel Favorit >  Pantai Senggigi Lombok Ntb Yang Wajib Dikunjungi

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kondisi tebing yang bertingkat. Tebing-tebing ini ditumbuhi oleh tumbuhan paku serta tanaman lain yang cukup rimbun. Indahnya air terjun Sendang Gile ini dilengkapi dengan adanya kabut yang menutupi daerah sekitar ait terjun.

Anda dapat mencapai lokasi air terjun di Lombok Utara ini dengen mempuh perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit dari pintu masuk. Ada rute jalan setapak yang memang sudah dibuat untuk memudahkan akses menuju lokasi. Selama perjalanan dari pintu masuk ini Anda akan disuguhi pemandangan berupa hutan lindung yang rimbun lengkap dengan aneka tanaman yang ada.

  1. Air Terjun Tiu Kelep

Lokasi wisata saat liburan ke air terjun di Lombok ini berlokasi tidak jauh dari Air Terjun Sendang Gile karena masih sama-sama berada di lokasi hutan lindung Gunung Rinjani. Perbedaannya adalah lokasi air terjun ini lebih jauh dan lebih menantang daripada Air Terjun Sendang Gile. Anda perlu menempuh perjalanan selama sekitar 45 menit untuk dapat tiba di lokasi air terjun.

liburan ke air terjun di lombok
air terjun tiu kelep lombok

Berbeda dengan rute air terjun Sendang Gile yang terbilang sudah cukup rapi dan mudah dilalui pengunjung, rute menuju Air Terjun Tiu Kelep harus melalui tangga-tangga yang curam, licin serta aliran sungai kecil yang dangkal. Diperlukan perjuangn yang lebih untuk dapat mencapai lokasi Air Terjungg Tiu Kelep.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter dan dikelilingi oleh tebing yang tertutup oleh tumbuhan hijau. Di bagian bawah dari air terjun ini ada aliran sungai yang dangkal yang harus Anda lalui untuk sampai di bawah limpahan air terjun. Anda dapat bermain air di kolam bawah air terjun karena tidak terlalu dalam dengan dasar yang datar dan tidak tajam.

Artikel Favorit >  Pantai Terkenal Di Lombok yang Harus Dikunjungi Tahun Ini

Ada mitos yang mengatakan bahwa barangsiapa yang membasuh wajah dengan air di dua lokasi wisata saat liburan ke air terjun di Lombok ini akan awet muda. Mitos ini sudah dipercaya sekian lama oleh masyarakat sekitar, Anda boleh percaya boleh juga tidak.

Hal yang terpenting saat mengunjungi lokasi air terjun ini adalah selalu mengutamakan kebersihan lingkungan dan usahakan tidak merusak alam di sekitar air terjun. Anda juga perlu menjaga sikap agar tidak saling merugikan pengunjung lain maupun warga lokal setempat. Itulah wisata Lombok saat liburan ke air terjun di Lombok yang bisa Anda nikmati bersama keluarga.

Share Yuk, Biar Lebih Banyak Yang Tahu :)

Paket Wisata di Lombok Favorite, Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Lombok

Artikel Lombok Menarik Lainnya :)

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)