Menilik Pesona Gili Nanggu di Nusa Tenggara Barat

Menilik Pesona Gili Nanggu di Nusa Tenggara Barat

Pulau Lombok memang terkenal akan banyaknya tempat wisata menawan, termasuk di antaranya pantai serta pulau kecil atau gili yang siap memikat hati turis lokal maupun asing. Sebut saja mulai dari Gili Trawangan, Pantai Kuta sampai dengan Pantai Tanjung Aan. Semuanya telah terbukti dapat menyerap banyak wisatawan. Apabila Anda ingin menuju tempat wisata di Lombok yang masih tersembunyi dan memberikan perasaan bagai berada di pantai pribadi, maka Gili Nanggu bisa jadi pilihan. Tempat wisata satu ini memang belum sepopuler Gili Trawangan, Gili Air maupun Gili Meno yang sudah lebih dulu dikenal luas. Namun, keindahan gili satu ini tak perlu diragukan lagi.

Pesona Gili Nanggu Yang Belum Banyak Dikenal Wisatawan

Gili Nanggu
wisata Gili Nanggu Lombok

Gili satu ini memang terbilang privat serta masih sangat sepi. Alasannya adalah karena belum banyak wisatawan tahu keberadaannya. Aktivitas yang bisa dilihat di sini juga tidak sebanyak di Gili Trawangan yang merupakan gili terbesar dan terpopuler di Pulau Lombok. Wisatawan yang tampak di sini hanya tampak tengah bermain di pinggir pantai saja. Berada di pulau kecil satu ini akan memberi perasaan seperti tengah berada di properti pribadi karena sedikitnya wisatawan yang datang berkunjung. Keindahannya juga tak kalah dibanding gili-gili lain. Lokasi persisnya ada di Selat Lombok atau pesisir barat dari Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini masuk Kecamatan Sekotong.

Mencapai Gili Nanggu juga cukup mudah. Dari arah Mataram, Anda cukup menuju Pelabuhan Lembar dengan jarak kira-kira 27 km menggunakan kendaraan. Lanjutkan perjalanan dengan perahu maupun speedboat yang memakan waktu antara 35 sampai dengan 45 menit. Rute lain yang bisa ditempuh ialah melewati Tawun di Sekotong dengan jarak kira-kira 47 km menggunakan kendaraan, lalu lanjutkan dengan speedboat selama kira-kira 15 menit. Sekotong juga dapat diakses dari Bandara Internasional Lombok selama 45 menit sampai 1 jam perjalanan. Perjalanan jauh menuju gili ini akan terbayar saat kita sampai dan menatap hamparan pasir putih di pantainya yang begitu cantik.

Menikmati Suasana Alam di Gili Nanggu

Bapak Irwan dna keluarga menikmati keindahan taman bawah laut gili nanggu
wisata Gili Nanggu

Suasana alam di gili ini terbilang hening sehingga seringkali dipilih oleh para pasangan yang hendak menghabiskan waktu bulan madunya. Luas pulau ini sekitar 8 hektar dan pemandangan indah matahari tenggelam atau sunset bisa kita saksikan di sini. Wisatawan yang ingin menghabiskan banyak waktu di sini juga tak perlu khawatir. Ada fasilitas akomodasi modern yang siap memenuhi kebutuhan wisatawan. Resortnya dilengkapi juga dengan ragam fasilitas, sebut saja seperti wahana water sport, jogging trek hingga perlengkapan snorkelling dan diving. Lengkapnya fasilitas di sini membuat Anda tak perlu khawatir akan kebutuhan selama liburan.

Gili Nanggu bahkan disebut sebagai The Paradise Island atau Pulau Surga oleh beberapa wisatawan yang pernah bepergian kemari. Anda dapat bersantai di pantainya yang berpasir putih serta berombak tenang tanpa terganggu banyaknya pengunjung lain ataupun pedagang. Pulau ini memang hanya dihuni manajemen serta staf resort sehingga tidak ada masyarakat yang menempatinya, berbeda dengan Gili Trawangan yang jadi rumah bagi 800 kepala keluarga. Beberapa meter dari bibir pantainya, Anda akan dapat melihat secara langsung barisan ikan aneka warna yang menari di lautan dangkal. Nyanyian burung akan menemani kala menyaksikan matahari terbenam di senja hari.

Terhitung sejak tahun 1995, pulau ini telah turut berkontribusi pada kegiatan konservasi alam. Di sini, Anda akan menemukan Gili Nanggu Sea Turte Conservation Program atau program konservasi penyu. Hingga tahun 2016 saja, program ini telah sukses menetaskan hingga 4500 telur penyu. Program ini terbilang praktis dan kegiatan utamanya adalah melindungi telur penyu dari ancaman pemasaran bebas. Telur yang dibeli kemudian diinkubasi pada bawah pasir selama kira-kira 30 hingga 35 hari. Setelah menetas dan bayi penyu mencapai usia yang sesuai, mereka akan dilepas kembali ke laut bebas. Demikian uraian singkat seputar gili di Nusa Tenggara Barat yang bisa jadi tujuan tempat berlibur di akhir pekan atau menghabiskan bulan madu bersama pasangan.

Sekian informasi tentang objek wisata lombok yaitu Gili Nanggu yang sangat luar biasa indahnya. Jadi tunggu apalagi? ayo buruan berlibur ke pulau Lombok dan jangan sampai Anda lewatkan keindahan wisata yang ada di palau ini.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)