Desa Sade di Pulau Lombok Yang Unik Dengan Rumah Adatnya

Lombok selain terkenal akan masyarakatnya yang ramah juga terkenal dengan tradisi dan budayanya yang masih kental. Sebut saja Desa Sade, salah satu desa yang terletak di Kecamatan Prujut Lombok bagian Barat ini merupakan desa yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi dan budaya Sasak Lombok. Hal itu bisa Anda lihat dari arsitek bangunan rumah Desa Sade di Pulau Lombok pada saat pertama kali Anda berkunjung. Arsitek bangunan rumah masyarakat Desa Sade tergolong unik karena sangat tradisional, padahal seperti yang Anda ketahui bahwa saat ini zaman sudah modern.

Arsitek Bangunan dan Rumah Adat Desa Sade di Pulau Lombok

Desa Sade Lombok
Desa Sade Lombok

Apabila Anda melihat secara langsung maupun tidak langsung dengan melalui foto atau gambar, maka akan tampak bangunan rumah adat Desa Sade di Pulau Lombok ini seperti rumah-rumah yang tinggal di pedalaman dan tempat yang terpencil. Pasalnya, arsitek bangunan rumah di Desa Sade sangat jauh dari kata modern. Dinding rumah adat Desa Sade hanya terbuat dari kayu dan anyaman bambu dan atapnya hanya dibuat dengan daun alang-alang yang sudah kering. Lantai rumahnya pun bukan terbuat dari keramik maupun campuran semen, melainkan campuran tanah, abu jerami dan getah pohon yang ditambah dengan kotoran kerbau.

Wisata Desa Sade Lombok
Wisata Desa Sade Lombok

Bangunan rumah adat Desa Sade di Lombok dibagi menjadi dua, yaitu disebut Bale Tani dan Bale Lumbung. Bale Tani adalah bangunan rumah adat Desa Sade yang digunakan untuk tempat tinggal. Sedangkan Bale Lumbung adalah bangunan adat di Desa Sade yang digunakan untuk tempat menyimpan hasil panen padi sekaligus tempat untuk menyimpan berbagai kebutuhan.

Bale Tani yang menjadi bangunan untuk tempat tinggal masyarakat Desa Sade memiliki dua bagian yaitu Bale dalam dan Bale luar. Bale dalam merupakan bagian ruangan Bale Tani yang biasanya dipergunakan untuk anggota keluarga wanita, misalnya dapur. Sedangkan Bale luar merupakan bagian ruangan Bale Tani yang digunakan untuk anggota keluarga lainnya. Bale luar juga digunakan sebagai ruang tamu. Bale dalam dan luar memiliki pemisah berupa anak tangga dan pintu geser.

Rumah Adat Desa Sade
Rumah Adat Desa Sade

Di ruangan Bale dalam, terdapat dua tungku yang terbuat dari tanah liat dan menyatu dengan lantai. Tungku tersebut biasanya digunakan untuk memasak dengan berbahan bakar kayu. Ruangan bale dalam juga terdapat kamar sebagai ruangan untuk tidur. Sedangkan bagian ruangan Bale luar berupa ruangan-ruangan untuk aktivitas yang lain seperti ruang tamu dan ruang keluarga atau tempat untuk berkumpul.

Bangunan rumah Desa Sade di Pulau Lombok selain berupa  Bale Tani dan Bale Lumbung, juga terdapat satu bangunan adat lagi yang disebut dengan Berugak. Berugak merupakan bangunan berupa panggung yang berbentuk segi empat dan tidak terdapat dinding. Berugak hanya terdiri dari tiang dan atap. Tiangnya dibuat dari bambu atau kayu, sedangkan atapnya terbuat dari alang-alang yang sudah kering. Berugak merupakan bangunan adat suku Sasak Desa Sade yang digunakan untuk tempat menerima tamu, pertemuan keluarga dan juga tempat untuk bersantai dan berbincang-bincang.

Arsitek bangunan rumah adat Desa Sade di Pulau Lombok yang masih sangat tradisional disertai dengan masyarakatnya yang ramah kepada setiap pengunjung. Apabila Anda berkunjung ke Desa Sade tentu akan merasakan suasana yang berbeda sekali seperti di perkotaan yang masyarakatnya sudah modern. Masyarakat Desa Sade tergolong masih primitif, artinya tidak atau belum menerima hal-hal yang berbau modern dan masih menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan budaya. Hal itu dicerminkan tidak hanya melalui arsitek bangunan rumahnya saja, melainkan sistem sosial masyarakat di Desa Sade pun masih cukup primitif.

Wisata Lombok Tengah
Desa Sade Lombok

Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Sade di Pulau Lombok adalah bertani untuk kaum pria dan menenun untuk kaum wanita. Alat tenun yang digunakan untuk menenun pun masih tradisional dan sederhana. Hasil tenun tersebut bermacam-macam mulai dari taplak meja, selendang, kain sarung, hingga kain songket.

Baca juga: Wisata 3 hari 2 malam yang seru di 3 Gili Lombok

Itulah keunikan bangunan rumah adat masyarakat Desa Sade di Pulau Lombok yang unik. Semoga informasi tersebut dapat menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)