Keindahan Air Terjun Tiu Kelep Rinjani yang Asri

Keindahan Air Terjun Tiu Kelep Rinjani yang Asri

Lombok menawarkan beberapa tempat wisata menarik yang bisa dijadikan destinasi liburan. Seperti air terjun Tiu Kelep Rinjani yang menjadi salah satu tempat  pilihan. Air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Lombok yang menawarkan keindahan alam yang masih asri. Jumlah wisatawan yang datang ke air terjun ini pun cukup banyak setiap harinya, terlebih di akhir pekan dan hari-hari libur. Untuk Anda yang penasaran dengan keindahan air terjun ini, berikut beberapa informasi dan gambaran singkatnya untuk Tiu Kelep, Lombok.

Pesona Air Terjun Tiu Kelep Rinjani Lombok

Tentunya tidak tanpa alasan banyak wisatawan datang ke tempat wisata yang satu ini. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang air terjun ini.

  1. Pemandangan air terjun yang spektakuler
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok
Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok

Nama air terjun Tiu Kelep sangat dikenal dengan pemandangannya yang sangat indah. Wisatawan dapat melihat bagaimana air mengalir deras dari ketinggian lebih dari 40 meter. Air terjun Tiu Kelep Rinjani memiliki bentuk yang cukup cantik dan bertingkat. Satu aliran terbesar dari Tiu Kelep ada di paling atas dan menghujam langsung ke tanah. Tepat di bawah aliran yang paling besar ada beberapa aliran yang lebih kecil. Aliran air terjun ini seolah-olah menjadi pengiring dari air terjun yang paling atas. Berbeda dengan air terjun yang di atas, aliran air terjun kecil tidak begitu deras  terjun ke bawah. Air terjun yang kecil ini mengalir melewati dedaunan yang ada di tebing. Pemandangan air terjun yang unik ini tentu indah dan luar biasa.

  1. Menikmati Air Terjun Tiu Kelep
Air Terjun Tiu Kelep Rinjani
air terjun tiu kelep lombok

Walaupun aliran air terjunnya tidak sama, tetapi semua aliran tersebut jatuh ke kolam yang ada di bawahnya. Kolam ini lah yang biasa digunakan wisatawan untuk menikmati air terjun Tiu Kelep Rinjani dengan berendam atau berenang. Air di dalam kolam tersebut tingginya hanya sekitar pinggang orang dewasa. Namun untuk wisatawan yang tidak bisa berenang sebaiknya lebih berhati-hati atau tidak perlu mencebur ke dalam kolam. Untuk Anda yang datang ke Tiu Kelep tetapi tidak bisa berenang, tetap bisa menikmatinya dengan membasuh muka di air kolam. Apalagi menurut masyarakat sekitar, air di kolam tersebut bisa membuat seseorang awet muda.

  1. Hijaunya kawasan di sekitar air terjun
wisata air terjun tiu kelep lombok
wisata air terjun tiu kelep lombok

Wisatawan dapat menikmati liburan di air terjun ini dengan merasakan kesejukan airnya. Bisa juga dengan menjadikan pemandangan air terjun ini sebagai latar belakang foto. Pengunjung air terjun Tiu Kelep Rinjani dapat menikmati tempat ini hanya dengan bersantai. Merasakan udara khas pegunungan yang sejuk dan tentunya bebas polusi. Bukan hanya saat di lokasi air terjun saja, Anda juga bisa menikmati kesejukan udara pegunungan saat menuju lokasi. Untuk bisa sampai di air terjun, Anda memang harus berjalan kaki terlebih dulu melewati hutan dan aliran air sungai dangkal.

  1. Tiket masuk yang murah

Menyusuri hutan dengan pepohonan rindang dan melewati aliran air terjun menjadi perjalanan yang harus dilalui untuk sampai di air terjun Tiu Kelep Rinjani yang jaraknya sekitar 1 jam dengan jalan kaki. Selama perjalanan, Anda bisa menikmati suasana yang tenang dan segar supaya tidak terlalu merasa lelah. Setelah itu, semua akan terbayar dengan keindahan alam di Tiu Kelep yang tiket masuknya sangat murah tersebut.

  1. Lokasi wisata Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep ini masih berada di kawasan wisata alam Gunung Rinjani. Untuk mencapai lokasi air terjun tersebut, sebaiknya tidak datang terlalu sore supaya tidak terlalu gelap saat kembali nanti. Air terjun yang berada di Senaru ini memang harus ditempuh dengan jalan kaki. Lebih baik datang ke tempat ini di saat cuaca sedang cerah. Apabila harus mengunjungi di musim hujan, sebaiknya Anda membawa persiapan seperti jas hujan. Siapkan pula kamera untuk menemani perjalanan Anda mencapai air terjun yang berada di ketinggian 600 meter lebih di atas permukaan laut tersebut.

Demikian beberapa informasi seputar air terjun Tiu Kelep Rinjani yang mungkin bisa bermanfaat sebagai referensi tambahan. Air terjun ini juga masih satu lokasi dengan tempat wisata menarik lain yaitu air terjun Sendang Gile.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)