Keindahan Air Terjun Tiu Kelep Lombok Di Kaki Gunung Rinjani

Apakah Anda pernah mendengar tentang air terjun Tiu Kelep Lombok? Salah satu wisata yang ada di kaki Gunung Rinjani? Apabila belum, maka Anda harus mengunjungi dan melihat secara langsung keindahan yang tersembunyi dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Lombok memiliki beberapa air terjun yang sudah populer, namun air terjun Tiu Kelep yang berada di Lombok Utara ini memiliki panorama yang berbeda, dan karena berada di kaki Gunung Rinjani pastinya pemandangan hutan lindung dari taman nasional membuat perjalanan Anda akan semakin berkesan.

Hal utama yang harus diperhatikan adalah wisata ini cocok untuk Anda yang hobi dengan tantangan baru ataupun berpetualang di alam liar.

Keindahan Panorama Air Terjun Tiu Kelep Lombok Di Ketinggian

Air terjun Tiu Kelep Lombok
Air terjun Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep ini sudah berada di ketinggian yang berbeda dengan air terjun lain di daerah Lombok. Bahkan gemericik air yang turun dapat menyebabkan kabut tipis di area sekitar tebing. Hal ini membuktikan bahwa hawa yang ada di sekitar air terjun sudah cukup dingin.

Air terjun ini memiliki lebih dari dua tingkatan. Hal inilah yang semakin membuat indah air terjun tersebut. Terdapat satu air terjun yang paling tinggi dan deras, ketinggiannya sekitar 40 meter. Setelah itu air terjun yang berada di tingkatan lain memiliki aliran air yang jauh lebih kecil namun menambah keasrian dan percikan air yang akan terasa saat Anda sampai di lokasi wisata.

Terdapat satu kolam yang aman digunakan untuk Anda bermain air. Kolam ini dipenuhi batuan kecil dan besar yang sangat membantu Anda agar tidak mudah hanyut ke bagian bawah air terjun.

Perlu Anda ketahui bahwa air terjun Tiu Kelep berada tepat di atas Air Terjun Sendang Gile, dan aliran airnya langsung mengarah ke Sendang Gile yang membuat Anda harus berhati-hati. Air sungai dari Tiu Kelep sangatlah segar dan memiliki mitos tersendiri di antara masyarakat Lombok. Apabila Anda mandi pada kolam air terjun Tiu Kelep dipercaya akan awet muda.

Artikel Favorit >  Destinasi Terbaik Liburan ke Lombok dengan Bayi

Banyak sekali wisatawan yang akhirnya mandi di kolam tersebut tentunya penasaran dengan mitos yang telah dibuat tersebut. Anda tidak perlu khawatir karena terdapat tempat ganti baju sederhana yang dapat Anda gunakan sekarang ini, di area wisata tersebut.

Keindahan lain yang mungkin akan Anda dapatkan adalah penampakan siluet pelangi di antara percikan air terjun yang ada di Tiu Kelep. Pelangi tersebut akan terlihat sangat jelas karena biasan cahaya, suhu, serta air jernih yang ada di air terjun kaki Gunung Rinjani tersebut.

Akses Menuju Air Terjun Tiu Kelep Lombok Yang Penuh Tantangan Seru

Wisata Air Terjun Tiu Kelep
Wisata Air Terjun Tiu Kelep

Keindahan tidak akan terasa sempurna jika tidak memiliki tantangan yang ada di dalamnya. Perjalanan menuju air terjun ini cukup jauh, Anda harus melakukan perjalanan menggunakan kendaraan dan tentunya berjalan kaki selama beberapa menit.

Total waktu perjalanan yang Anda tempuh sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di air terjun Tiu Kelep. Namun perjalanan ini tidak akan membosankan apalagi jika Anda memang suka melihat panorama asri khas hutan lindung Gunung Rinjani.

Vegetasi yang ada di sepanjang perjalanan Anda sangatlah rimbun dan asri. Tebing serta bukit yang menjulang sangat cocok untuk menjadi objek foto jika Anda suka mengabadikan setiap momen selama liburan.

Tidak hanya itu saja, Anda harus melewati anak tangga yang cukup banyak untuk menuju air terjun. Bahkan tantangan yang sangat seru akan Anda dapatkan saat menyusuri terowongan. Anda harus melewati terowongan yang sangat gelap, bahkan Anda tetap akan sedikit kesulitan meskipun menggunakan senter.

Akses perjalanan tersebut yang akan membuat Anda menyadari terdapat surga yang tersembunyi yaitu air terjun Tiu Kelep. Tentunya setelah mengetahui akses dan keindahannya, Anda harus mengatur kembali barang bawaan Anda apabila hendak berlibur dan melakukan pendakian kecil menuju air terjun bukan?

Artikel Favorit >  Liburan Gili Trawangan Lombok Yang Menyenangkan

Usahakan bahwa Anda selalu menggunakan sandal atau alas kaki yang nyaman. Pastikan apabila Anda mengunjungi Lombok, maka air terjun Tiu Kelep tidak boleh Anda lewatkan dalam list perjalanan.

Sekian informasi tentangĀ air terjun Tiu Kelep LombokĀ yang menyuguhkan keindahan alam yang masih sangat terjaga keasrian dan kealamiannya. Ayo buruan berlibur ke wisata yang ada di Lombok.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)