Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Tempat Wisata Indah di Lombok

Sendang Gile dan Tiu Kelep, merupakan dua tempat wisata indah di Lombok yang bisa Anda temukan hanya dalam sekali perjalanan. Kedua air terjun ini memang berada wilayah yang sama dan jarak keduanya memang cukup dekat. Letaknya berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Menuju ke lokasi, Anda akan disambut dengan pemandangan pepohonan rimbun hijau yang sangat menyejukkan. Mata Anda akan disuguhkan dengan pepohonan besar dan sungai-sungai kecil khas daerah gunung. Bagi Anda yang hobi trakking pasti sangat menikmati perjalanan menuju kedua tempat wisata indah di Lombok utara ini.

Mengunjungi wisata air terjun di bawah kaki gunung rinjani
Mengunjungi wisata air terjun di bawah kaki gunung rinjani

Akses Menuju Sendang Gile dan Tiu Kelep, Tempat Wisata Indah di Lombok

Untuk menuju tempat wisata indah di Lombok utara ini, Anda perlu mencapai Desa Senaru terlebih dahulu. Tidak terlalu sulit menemukan Desa Senaru, sebab desa ini kerap menjadi tujuan wisata juga bagi para wisatawan lokal maupun asing. Sesampainya di Desa Senaru, Anda bisa memilih dua pilihan rute atau akses menuju Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep.

Pertama, melalui gerbang utama atau biasa disebut sebagai jalur biasa. Masuk melalui jalur ini sama seperti masuk ke tempat wisata kebanyakan. Anda hanya perlu memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan, kemudian membayar tiket masuk.

Melalui jalur ini Anda akan menuruni anak tangga sekitar 15 – 20 menit untuk mencapai Sendang Gile. Sedangan, untuk mencapai Tiu Kelep, terdapat jalan setapak melalui Sendang Gile.
Kedua, melalui jalur irigasi. Para pecinta trakking biasanya meggunakan jalur ini karena dianggap lebih menantang dan tidak menguras tenaga tanpa harus melewati anak tangga yang banyak. Keindahan alam dan nuansa hutannya juga lebih terasa.

Baca juga  Rasa Sejuk dan Segar Serta Sensasi Berbeda di Taman Suranadi
Wisata seru di air terjun Lombok
Wisata seru di air terjun Lombok

Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, Tempat Wisata Indah di Lombok Utara

Berkunjung ke lokasi ini, Air Terjun Sendang Gile-lah yang menjadi tujuan pertama. Hal ini lantaran Sendang Gile berada di lokasi yang lebih rendah, yaitu sekitar 486 mdpl. Untuk mencapainya juga tidak begitu sulit. Dari gerbang utama, Anda tidak perlu melewati hutan-hutan maupun sungai, melainkan hanya dengan menurutni anak tangga sekitar 15 – 20 menit.

Begitu sampai, Anda akan disuguhkan pemandangan indah luar biasa. Di mana, Anda akan menjumpai air terjun setinggi 30 meter. Sekeliling air terjun terdapat tumbuhan hijau dengan bebatuan disekitar airnya. Tumbuhan hijau juga menempel lebat di sekitar tebing.

Wisata Air Terjun Tiu Kelep
Wisata Air Terjun Tiu Kelep

Untuk merasakan sensasinya lebih dalam lagi, Anda bisa mencoba mandi di bawah terpaan air terjun yang cukup keras. Banyak pengunjung yang sengaja berendam tepat di bawah air terjun untuk merasakan sensasi pijatan alami dari tempat wisata di Lombok ini.

Puas bermain-main di Sendang Gile, perjalanan tidak sempurna rasanya jika tidak melanjutkannya ke destinasi wisata air terjun kedua, yaitu Air Terjun Tiu Kelep. Tidak semulus perjalanan ke Sendang Gile, perjalanan menuju Tiu Kelep lebih menantang. Diperlukan tenaga ekstra untuk mencapainya. Sebab selain sejumlah anak tangga, Anda akan melewati jalan setapak, jembatan beton tinggi, saluran irigasi, hingga sungai dangkal dengan arus yang deras. Jadi, bersiaplah untuk basah-basahan sebelum benar-benar sampai ke tujuan. Selain memerlukan tenaga ekstra, melakukan perjalanan ke Tiu Kelep juga diperlukan ekstra kehati-hatian. Sebab, beberapa jalan, seperti jembatan beton, dipenuhi lumut yang licin. Ditambah lagi, hanya terdapat satu pegangan dis alah satu sisinya, sehingga Anda harus betul-betul memperhatikan jalan Anda.

Baca juga  Mengintip Keindahan Lombok Melalui Batu Bolong

Jangan khawatir, itu semua akan terbayar mahal ketika Anda sampai di Tiu Kelep. Air terjun yang berada pada ketinggian 600 mdpl tersebut memiliki panorama indah luar biasa. Tinggi air terjunnya sekitar 40-50 meter. Berbeda dengan Sendang Gile, Anda tidak disarankan untuk berenang tepat di bawah jatuhan airnya, karena cukup berbahaya. Namun demikian, Tiu Kelep memang layak dijadikan tempat wisata indah di Lombok utara yang wajib dikunjungi.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)