5 Tempat Liburan di Lombok yang Wajib Anda Kunjungi Saat Berwisata

Dari sekian banyak objek wisata yang bisa kita sambangi di Pulau Lombok, terdapat setidaknya 5 tempat liburan di Lombok yang harus dikunjungi. Lima tempat ini memiliki keunikan serta ciri khasnya masing-masing yang takkan kita temukan di tempat lain sehingga akan memberi pengalaman tak terlupakan pada wisatawan yang datang.

Wisata di Lombok juga tak melulu tentang pantai. Masih ada objek wisata lain yang tak kalah menakjubkan dari pantai-pantainya. Berikut adalah beberapa tempat liburan di Lombok yang bisa jadi pilihan saat kita tengah berwisata ke sana.

Tempat Liburan di Lombok Pantai Kuta dan Tanjung Aan

Mungkin, selama ini kita mengenal Pantai Kuta sebagai salah satu pantai paling populer yang ada di Pulau Bali. Padahal, di Pulau Lombok juga terdapat satu pantai dengan nama yang sama. Keindahannya pun tak kalah dari pantai yang ada di Pulau Dewata tersebut.

Wisata Ibu Nila dan Keluarga di Pantai Kuta Lombok
Wisata di Pantai Kuta Lombok

Letak Pantai Kuta Lombok sendiri ada di wilayah selatan dari Pulau Lombok. Pasir pantainya terhampar indah dan berwarna putih bersih. Garis pantainya bergelombang serta dilengkapi jajaran terumbu karang indah serta sehat. Pemandangan romantis sekaligus menakjubkan akan terhampar di depan mata.

Jika ingin kemari, datanglah lebih dulu ke Desa Kuta di Kecamatan Pujut. Pada sebelah baratnya terdapat Bukit Mandalika yang namanya diambil dari cerita rakyat kuno. Bukit ini sekaligus menjadi tempat yang ideal untuk menikmati pemandangan matahari terbenam. Dari puncak bukit, kita akan dapat meliaht keindahan bentangan Pantai Kuta yang indah.

Selain Pantai Kuta, tempat liburan di Lombok berikutnya yang tak boleh dilewatkan ialah Pantai Tanjung Aan. Garis pantainya membentang sejauh 2 km dan menghadap Samudera Hindia. Pasir di pantai ini sendiri memiliki bentuk yang unik yaitu bulat seperti merica.

Indahnya alam di Pantai Tanjung Aan Lombok
Indahnya alam di Pantai Tanjung Aan Lombok

Kegiatan yang banyak dilakukan di Pantai Tanjung Aan ialah berenang serta snorkelling. Ombaknya cukup tenang serta kedalamannya terbilang dangkal. Bawalah peralatan sendiri atau menyewa di tempat persewaan yang memang tersedia di pinggir pantai. Permukaan air laut terutama akan meninggi pada sore hari sehingga cocok digunakan untuk berselancar.

Tepat di samping barat dari Pantai Tanjung Aan, kita akan menemukan Bukit Marese. Pemandangan dari atas bukit terlihat sangat indah. Kita bisa melihat gradasi air laut dengan warna biru kehijauan yang sangat bening, bahkan saat langit tengah dalam keadaan gelap. Kita juga bisa menyaksikan keindahan dari Pantai Tanjung Aan secara maksimal.

Wisata Ibu Nila dan Keluarga di Bukit Merese
Wisata Ibu Nila dan Keluarga di Bukit Merese

Pemandangan matahari terbenam atau sunset juga dapat dinikmati di sini. Bukit-bukit akan tampak berjajar dan membentuk layer yang tampak sederhana. Selain itu, bisa dilihat pula beberapa penggembala yang tengah menggembalakan sapi maupun kerbau di atas bukit.

Tempat Liburan di Lombok Desa Wisata

Seperti telah disinggung sebelumnya, wisata di Pulau Lombok tak hanya terbatas pada wisata alam seperti pantai ataupun bukit. Kita bisa turut menyambangi desa wisata yang termasuk dalam tempat liburan di Lombok yang ikonik serta takkan kita temukan di daerah lain.

Wisata di Desa Sade Lombok
Wisata di Desa Sade Lombok

Pertama ada Desa Sade. Desa ini adalah cerminan dari warga asli Suku Sasak selaku pribumi Pulau Lombok. Adat istiadat hingga gaya hidup sederhana Suku Sasak yang cenderung primitif masih bisa kita temukan di sini. Termasuk di antaranya adalah bentuk bangunan, pakaian adat hingga serangkaian ritual yang masih dilangsungkan pada hari-hari tertentu.

Bangunan rumah tampak masih sangat sederhana dan sesekali lantai rumah akan dipel menggunakan kotoran kerbau. Tujuannya adalah agar rumah menjadi dingin dan terbebas dari serangga. Keseharian warga desa Sade yang masih kental akan adat budaya setempat inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Berikutnya ada lagi Desa Banyumulek. Desa wisata ini juga termasuk dalam tempat liburan di Lombok yang unik dan takkan kita temukan di tempat lain. Warga desa Banyumulek memiliki mata pencaharian sebagai pembuat gerabah.

Belajar membuat gerabah khas Lombok di desa Banyumulek
Desa Banyumulek

Bahkan, desa Banyumulek turut ditetapkan sebagai desa pengrajin gerabah. Di sini kita bisa melihat langsung proses pembuatan gerabah serta membeli beberapa buah sebagai oleh-oleh khas. Itulah aneka tempat wisata di Lombok yang terbilang wajib untuk dikunjungi.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)