4 Cara Maksimalkan Liburan ke Desa Banyumulek Lombok

Wisata di Desa Banyumulek Lombok

Bantu kami Share keindahan Lombok, agar kembali ramai dikunjungi wisatawan…

Lombok disebut sebagai salah satu pulau surga di Asia Selatan. Bukan hiperbola, namun keindahan alam dan daya tarik budaya membuatnya demikian. Selain desa Sade dan Sukarara, ada banyak desa wisata menarik di Pulau Lombok untuk dikunjungi.

Salah satunya bernama Banyumulek yang terletak dekat dengan Kota Mataram (berjarak sekitar 14 km). Liburan ke  Desa Banyumulek Lombok terkenal dengan warga yang ramah dan budaya menarik, sehingga turis akan betah menghabiskan waktu liburan disini.

Selain itu, pemukiman ini terkenal karena menjadi pusat kerajinan gerabah di Lombok (bahkan yang terbesar), memiliki banyak ahli atau pengrajin gerabah, serta telah mengekspor banyak produk ke luar negri. Wajar bila popularitas semakin meningkat dan menjadi salah satu daerah kunjungan wisata wajib bagi turis.

Liburan ke Desa Banyumulek Lombok Yang Indah

Wisata di Desa Banyumulek Lombok
Wisata di Desa Banyumulek Lombok

Faktanya, mayoritas penduduk disini bekerja sebagai pengrajin gerabah. Ini menjelaskan kenapa banyak toko-toko penjual produk tersebut beroperasi di sepanjang jalan dan menawarkan ragam desain dan bentuk gerabah. Selain dipajang dan dijual di toko, produk-produk cantik tersebut dipasarkan langsung ke rumah, hotel, restoran, taman, dan lain sebagainya.

Dari segi populasi, ada sekitar 10 ribu penduduk yang mendiami Banyumulek dan luas desa sekitar 1, 43 km2. Dengan luas dan jumlah penduduk tersebut, artinya kepadatan populasi cukup tinggi.  Selain pengrajin, sebagian warga bekerja sebagai petani dan memiliki ragam produksi tani seperti jagung, kedelai, kacang-kacangan, ubi kayu, dan lain sebagainya.

Liburan ke Desa Banyumulek Lombok Ini Hal Yang Bisa Anda Lakukan

Tidak perlu bingung mengenai aktifitas apa yang harus dilakukan di Banyumulek. Banyak kegiatan menarik bagi turis untuk dicoba.

  1. Belajar membuat kerajinan gerabah langsung dari ahlinya. Beberapa warga bahkan menawarkan pengajaran secara gratis kepada wisatawan! Tidak butuh keahlian khusus, Anda akan diajarkan teknik, pemilihan bahan, serta desain simpel untuk membuat gerabah versi Anda sendiri.

    Aktifitas ini bisa dilakukan sendiri maupun berkelompok, tergantung kenyamanan masing-masing. Nantinya, hasil kerajinan boleh dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Bahkan jika mau, Anda bisa mengambil kursus singkat untuk mempelajari teknik lanjut pembuatan gerabah khas Banyumulek.

  2. Berkeliling sentra kerajinan dan melihat bermacam bentuk dan desain kendi unik disini. Ada gapura berwarna hijau dan bertuliskan sentra kerajinan Desa Banyumulek, jadi pasti mudah menemukan toko-toko dan para pengrajin yang berada disini.

    Jika mengenai popularitas, produk kendi yang paling terkenal bernama “Kendhil Maling”. Pada bagian bawah, terdapat lubang yang berfungsi untuk jalan masuk air. Kenapa disebut maling? Sesuai namanya, air masuk tidak dari atas (selayaknya kendhil biasa), namun dari bawah. Karakter ini mirip dengan maling, yang cenderung mengendap masuk dari pintu belakang.

  3. Melukis gerabah. Yah benar, Anda tidak hanya bisa belajar membuat kerajinan unik khas desa ini namun juga diperbolehkan untuk menghias atau melukis eksteriornya.

    Tidak harus membuat gerabah terlebih dahulu, turis boleh langsung mencoba melukis dan memberi hiasan pada gerabah-gerabah polos yang tersedia di pusat kerajinan tadi. Terlebih, tidak butuh biaya untuk melakukan kegiatan ini. Yang Anda butuhkan adalah ijin dari pemilik toko atau pengrajin dan mengikuti instruksi yang diberikan olehnya. Juga, pastikan memilih gerabah yang sudah kering untuk dihias.

  4. Menikmati keindahan alam Banyumulek. Tidak harus jalan kaki, Anda bisa membayar jasa transportasi tradisional bernama Cidomo (mirip dengan dokar). Tak perlu khawatir, biaya bervariasi tergantung ahli tidaknya Anda melakukan negosiasi dan tawar-menawar harga. Kawasan pemukiman masih tergolong asri dan dikelilingi oleh persawahan dan beebrapa pohon rindang.

    Guna mendapat pengalaman terbaik, waktu yang tepat berkeliling desa adalah di pagi hari dengan hawa yang masih segar dan dingin. Karena daya tarik inilah Banyumulek juga cocok dijadikan lokasi untuk relaksasi dan melepas penat. Jangan lupa mencicipi makanan lokal disini juga!

Share Yuk, Biar Lebih Banyak Yang Tahu :)

Paket Wisata di Lombok Favorite, Coba Yuk :)

Hubungi kami dan dapatkan penawaran spesial di Lombok

Artikel Lombok Menarik Lainnya :)

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)