2 Wisata Air Terjun di Lombok Menawan Hati

Jika Anda berkunjung ke Lombok, sebagian besar orang menyarankan untuk mengunjungi berbagai pantai yang memang sangat indah. Seperti mengunjungi Gili Trawangan, pantai Kuta Lombok, pantai Pink, Tanjung Aan, Tanjung Ringgit, dan banyak pantai lainnya.

Tahukah Anda, selain kaya akan pantai yang indah, Lombok juga memiliki wisata alam yang lainnya. Apa itu? Wisata tersebut adalah wisata pegunungan. Ada banyak tempat wisata alam di kaki gunung Rinjani yang siap memanjakan Anda, salah satunya adalah air terjun.

Ada dua air terjun yang dapat Anda jadikan sebagai alternatif tempat wisata yang Anda kunjungi jika Anda pergi ke Lombok. Kedua tempat wisata ini memiliki pesona yang luar biasa sehingga Anda tidak akan merasa menyesal setelah mendatanginya. 2 wisata air terjun di Lombok ini dapat Anda jadikan sebagai alternatif wisata selain pantai. Adapun dua air terjun tersebut adalah air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep.

Sendang Gile Merupakan Wisata air terjun di Lombok

Wisata Air Terjun di lombok
Air Terjun Sendang gile

Sebenarnya, air terjun Sendang Gile dan air terjun Tiu Kelep berada saling berdekatan dan memiliki sumber air yang sama. Jadi, jika Anda berniat mengunjungi kedua air terjun ini, Anda dapat melakukannya dalam satu kali jalan. Nah, air terjun yang dapat Anda kunjungi pertama kali adalah air terjun Sendang Gile. Mengapa?

Karena air terjun ini memiliki lokasi yang berdekatan dengan tempat Anda memarkirkan kendaraan Anda. Ya, untuk mencapai kedua air terjun ini memang membutuhkan perjuangan. Anda harus menyusuri jalan setapak dan tangga untuk mencapainya. Air terjun yang memiliki jarak lebih dekat adalah air terjun Sendang Gile yang memiliki waktu tempuh sekitar 15 menit berjalan kaki menyusuri hutan yang sejuk.

Artikel Favorit >  Menikmati Keindahan dan Keasrian Pantai Selong Belanak

Air terjun satu ini memiliki ketinggian 30 meter dengan aliran air yang deras. Anda dapat melakukan beberapa hal di air terjun. Selain duduk-duduk menikmati keindahan air terjun dan suasananya yang nyaman, Anda juga bisa berenang. Berenang di sini tentunya harus berhati-hati.

Hal ini karena air terjunnya yang sangat besar memperbesar kemungkinan terjadi pusaran air di bawah air terjun sehingga skill berenang yang mumpuni perlu Anda miliki. Sangat tidak disarankan untuk berenang jika kemampuan berenang Anda masih kurang atau tidak bisa berenang sama sekali. Selain itu, Anda juga bisa menikmati makanan ringan dan kopi hangat karena ada penjual makanan di sekitar air terjun. Pasti nikmat ya!

Wisata air terjun di Lombok yaitu Tiu Kelep

Air terjun Tiu Kelep Lombok
Air terjun Tiu Kelep

Setelah puas menikmati keindahan alam di air terjun Sendang Gile dan sudah puas beristirahat sembari memakan camilan untuk mengembalikan energi, saatnya kita melanjutkan perjalanan ke air terjun selanjutnya. Air terjun Tiu Kelep yang berada lebih tinggi dari air terjun Sendang Gile.

Sudah dapat Anda bayangkan bahwa untuk menjangkau air terjun ini dibutuhkan tenaga ekstra karena tempatnya lebih menanjak. Ya, untuk mencapai air terjun yang indah ini, Anda masih harus melanjutkan perjalanan selama kurang lebih 30 menit sampai 1 jam tergantung kecepatan berjalan dengan medan tangga yang menanjak serta menyeberangi sungai.

Dari kejauhan, suara air terjun ini sudah terdengar karena besarnya. Air terjun yang arti namanya adalah kolam terbang dalam bahasa sasak ini memiliki kisaran tinggi 45 meter. Tidak heran jika dari kejauhan, suara air terjun ini sudah terdengar.

Bahkan embun akibat cipratan airnya sudah mulai terasa begitu kita mendekati air terjun indah ini. Di sini, Anda akan dipuaskan dengan besarnya air terjun, indahnya pemandangan, dan sejuk serta tenangnya suasana. Perjalanan melelahkan Anda terbayar sudah.

Artikel Favorit >  Pulau Pasir Sajikan Wisata Unik Di Lombok

Dua air terjun yang ada di bagian utara kawasan hutan lindung Rinjani ini menjadi salah satu objek wisata yang wajib Anda kunjungi. Jangan hanya main ke pantai, wisata pegunungan di Lombok pun akan sangat menarik dikunjungi.

Panorama alamnya yang tidak tergantikan membuat wisata air terjun di Lombok satu ini menjadi favorit tidak hanya oleh wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Bahkan, karena keindahannya, salah satu dari air terjun ini masuk dalam video iklan pariwisata Indonesia yang ditayangkan di berbagai negara di dunia.

Sekian ulasan tentang wisata air terjun di Lombok yang sangat populer di kalangan wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Ayo berwisata ke pulau Lombok yang menawarkan sejuta keindahan alam bak surga dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)