2 Macam Oleh Oleh Khas Lombok yang Sangat Menarik

Liburan tak pernah lengkap tanpa oleh-oleh yang dibawa pulang. Saat Anda berlibur ke Lombok, jangan lewatkan berbagai macam oleh oleh khas Lombok yang memikat hati. Lombok tidak hanya kaya akan destinasi wisata alamnya saja, tetapi juga banyak kekayaan budaya ada di sana. Pulau Lombok memberikan sejuta pesona dari Indonesia bagian Timur yang banyak mengundang para wisatawan baik lokal hingga mancanegara. Bila Anda pergi ke Lombok untuk mengunjungi destinasi wisata, pasti Anda tidak akan pernah lupa membeli oleh oleh khas Lombok sebagai buah tangan untuk keluarga yang menanti Anda pulang. Setiap kali pergi ke suatu tempat yang menarik hati memang oleh-olehnya karena bisa dijadikan sebagai kenang-kenangan atau hanya untuk mengenal apa yang khas dari suatu tempat yang dikunjungi.

Oleh Oleh Khas Lombok yang Tidak Sekedar Bernilai Seni

Lombok mempunyai oleh-oleh yang cukup khas dan asli buatan tangan warga Lombok. Anda yang berkunjung ke Lombok sebaiknya membeli buah tangan khas pulau ini sebagai kenang-kenangan sekaligus sebagai cara untuk mengenal budaya Indonesia bagian Timur. Cinderamata atau oleh-oleh yang dibeli tidak hanya dilihat dari harganya yang tinggi melainkan dari sisi seni, kegunaan, serta kekayaan budaya yang membuat oleh-oleh menjadi buah tangan yang berharga. Hal tersebutlah yang membuat oleh oleh khas Lombok perlu Anda miliki sebagai salah satu kenangan yang berharga.

Daftar Oleh Oleh Khas Lombok yang Menawan

Ada beberapa cinderamata atau oleh-oleh yang cukup khas dari Lombok dan merupakan hasil dari keterampilan warganya yaitu:

  1. Kain Songket, Kenangan Berharga dari Oleh Oleh Khas Lombok
oleh oleh khas lombok
Wisata di Desa Sukarara Lombok

Desa Sukarara merupakan desa yang dikenal sebagai penghasil kain songket khas Lombok. Kain songket ini ditenun langsung dengan rapi oleh para gadis Lombok. Konon setiap anak gadis di Lombok belum diizinkan untuk menikah sebelum bisa menenun. Sehingga kain tenun ini banyak dibuat oleh para anak gadis Lombok. Anda bisa melihat kain songket yang sedang dibuat di desa Sukarara. Selain itu, Anda juga bisa belajar menenun dan cara menenun yang benar.

Baca juga  Mau Wisata Menyenangkan di Lombok ? Yuk ke Pantai Pink Lombok

Kain songket akan menjadi buah tangan yang berharga tidak hanya dilihat dari harganya tetapi dari bahan untuk membuatnya dan cara membuatnya yang benar-benar hasil dari keterampilan warga Lombok. Kualitas dari kain songket khas Lombok sudah tidak diragukan lagi karena kain ini terbuat dari benang-benang yang telah terjamin kekuatannya. Selain itu, banyak pilihan motifnya, kain ini juga tidak mudah luntur karena terbuat dari pewarna alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan hijau. Kain songket menjadi budaya khas Lombok sebagai salah satu dari keanekaragaman budaya Indonesia. Anda bisa merasakan sendiri dengan membeli kain ini dan berkunjung ke pusat pembuatan kain tenun di Desa Sukarara. Kain songket juga telah banyak dibuat menjadi kemeja, sarung, syal, dan pashmina. Sehingga Anda bisa memilih oleh oleh khas Lombok sesuai dengan selera.

  1. Gerabah Oleh oleh Khas Lombok dari Desa Banyumulek
Wisata di Desa Banyumulek Lombok
Wisata di Desa Banyumulek Lombok

Lombok selain kaya dengan destinasi wisatanya, ternyata juga memiliki banyak kebudayaan khas. Terlihat dari oleh oleh khas yang banyak diperjualkan kepada para wisatawan. Tidak jarang oleh-oleh ini menjadi cinderamata yang sangat berharga tidak hanya dilihat dari harganya. Jika Anda pergi berwisata ke Lombok cobalah membeli oleh-olehnya. Ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa Anda pilih seperti salah satunya adalah gerabah khas Desa Banyumulek. Desa Banyumulek merupakan salah satu desa penghasil gerabah. Seperti halnya kain songket, gerabah juga dibuat dengan tangan-tangan terampil dari warga Desa Banyumulek. Perlu Anda ketahui, keterampilan membuat gerabah ini telah diturunkan dari generasi ke generasi. Sehingga mayoritas warga Desa Banyumulek bermata pencaharian sebagai pengrajin gerabah.

Kebudayaan Indonesia yang satu ini sudah banyak dikenal hingga ke ranah mancanegara. Desa Banyumulek juga telah banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang tertarik dengan kerajinan gerabah. Jika Anda pergi ke Lombok bisa memilih gerabah sebagai salah satu oleh-olehnya. Ada banyak ragam bentuk, motif, dan ukuran dari gerabah misalnya dibentuk menjadi hiasan dinding, vas bunga, vas gepeng, kendhi, celengan dan lain sebagainya.

Baca juga  4 Paket Promo Wisata di Lombok yang Menyegarkan

Itulah dua jenis oleh oleh khas Lombok yang merupakan salah satu dari kebudayaan dari Lombok. Sehingga oleh-oleh tersebut bisa menjadi cinderamata yang sangat berharga karena bisa mengenal kebudayaan dari Indonesia bagian Timur, dimana dibuat langsung dengan tangan-tangan terampil warga Lombok.

0852 3746 2788 (AS)
0818 0362 3989 (XL)
0857 3985 3977 (IM3)
0852 3746 2788 (WA)
0818 0362 3989 (WA)